Efektivitas Pembangunan Pusat Perbelanjaan Pasar Banto (Banto Trade Centre) sebagai Pusat Perdagangan di Kota Bukittinggi

Anto, Wahyudi (2013) Efektivitas Pembangunan Pusat Perbelanjaan Pasar Banto (Banto Trade Centre) sebagai Pusat Perdagangan di Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_WAHYUDI_ANTO_84619_480_2013.pdf] Text
B1_3_WAHYUDI_ANTO_84619_480_2013.pdf

Download (895kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang efektifnya pembangunan Banto Trade Centre. Banto Trade Centre dirasa masih belum mampu menjadi pasar yang memiliki kualitas baik dan memadai dalam mengembangkan usaha perdagangan dan perekonomian masyarakat Kota Bukitinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pembangunan Banto Trade Centre bagi pedagang dan pengunjung, mengetahui faktor-faktor ketidakefektifan pembangunan pasar, serta upaya-upaya pemerintah Kota Bukittinggi untuk meningkatkan keefektifan pasar tersebut. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian dilakukan secara purposive sampling dengan pertimbangan tertentu dan kapabel memberikan data. Analisis dimulai dengan reduksi data yaitu data dalam bentuk uraian, tabel, identitas subjek, dan jawaban pertanyaan penelitian. Verifikasi data dilakukan untuk mengecek kembali data-data yang diperoleh kemudian diadakan penarikan kesimpulan awal. Dari temuan penelitian dan analisa data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pertama, keberadaan Banto Trade Centre bagi pedagang dan pengunjung di Kota Bukittinggi masih belum efektif karena masih sedikitnya pedagang dan pembeli datang kesana, kedua, faktor-faktor yang menyebabkan tidak efektifnya pembangunan Banto Trade Centre di Kota Bukittinggi dikarenakan faktor internal yaitu kondisi fisik pasar yang membuat pedagang kesulitan dalam mengembangkan dagangannya, kurang efektifnya usaha promosi yag dilakukan pemerintah sehingga keberadaan pasar tersebut masih kurang efektif bagi masyarakat, dan faktor eksternal yaitu lokasi yang berdekatan dengan pasar lain, produk yang ditawarkan kurang lengkap dan kurang bervariasi. ketiga upaya yang dilakukan oleh pemerintah kota untuk meningkatkan efektivitas Banto Trade Centre Bukittinggi. Sejauh ini pemerintah telah melakukan upaya promosi dengan megadakan berbagai acara atau event-event di lokasi Banto Trade Centre agar lebih sering dikunjungi oleh pengunjung dan pembeli dan pada awalawal pemerintah juga memberikan kemudahan agar menarik pedagang untuk berdagang dengan membebaskan biaya sewa kios selama setahun.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pusat Perbelanjaan, Pasar Banto, Perdagangan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 30 Apr 2025 03:22
Last Modified: 30 Apr 2025 03:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9192

Actions (login required)

View Item
View Item