Kendala Sekolah dalam Mengatasi Ketidakhadiran Siswa di SMA Pertiwi 1 Padang

Ramini, Ramini (2017) Kendala Sekolah dalam Mengatasi Ketidakhadiran Siswa di SMA Pertiwi 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_RAMAINI_1201812_2271_2017.pdf] Text
B1_04_RAMAINI_1201812_2271_2017.pdf

Download (7MB)

Abstract

Ketidakhadiran merupakan kata yang sama dengan absensi, yang berarti suatu keadaan yang menunjukkan seseorang tidak masuk, tidak ada, tidak hadir atau absen (sekolah, kerja, dsb). Mengenai ketidakhadiran siswa di sekolah, SMA Pertiwi 1 Padang membuat peraturan yang terkait dengan kehadiran siswa di sekolah, yaitu siswa wajib mengikuti pembelajaran tatap muka minimal 90% dari jumlah total tatap muka efektif dalam satu tahun pelajaran dengan catatan bahwa sakit atau izin diperhitungkan masuk (sebagai salah satu syarat kenaikan kelas), setiap siswa wajib menyelesaikan tugas-tugas, baik terstruktur maupun mandiri. Namun, yang terjadi pada tahun pelajaran 2014/2015 terdapat 19,7 % dari 947 jumlah siswa keseluruhan dan pada tahun pelajaran 2015/2016 terdapat 22 % dari 964 jumlah siswa keseluruhan yang tingkat kehadirannya di sekolah tidak mencapai 90 %. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengtahui kendala yang dihadapi sekolah dalam mengatasi ketidakhadiran siswa di SMA Pertiwi 1 Padang. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori struktural fungsional dengan konsep AGIL yang dikemukakan oleh Talcott Parson. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus (Case study). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Pemilihan informan pada penelitian ini dilakukan dengan teknik (purposive sampling) yang berjumlah 25 orang yaitu siswa sebanyak 15 orang, kepala sekolah dan wakil kepala sekolah sebanyak 3 orang, tenaga pengajar sebanyak 4 orang, guru bimbingan konseling sebanyak 3 orang. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Data dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif dari Matthew B Miles dan A. Michael Huberman (reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat beberapa kendala yang dialami sekolah dalam mengatasi ketidakhadiran siswa di SMA Pertiwi 1 Padang. Adapun kendala tersebut: (1) Penerapan sanksi yang kurang tegas, (2) Kurangnya Kerja Sama Antara Personil Sekolah, (3) Jadwal Masuk Sekolah Yang Kurang Efektif, (4) Kurangnya Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Di Sekolah, (5) Keadaan Fasilitas Sekolah Yang Terbatas.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kendala, Ketidakhadiran Siswa, Sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 30 Apr 2025 03:21
Last Modified: 30 Apr 2025 03:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9191

Actions (login required)

View Item
View Item