Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas VII SMP

Putra, Wahyudi Aftika (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas VII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_WAHYUDI_AFTIKA_PUTRA_1100380_3012_2016 1.pdf] Text
B1_3_WAHYUDI_AFTIKA_PUTRA_1100380_3012_2016 1.pdf

Download (6MB)

Abstract

Buku pembelajaran yang terlalu padat dengan bacaan tanpa disertai gambar membuat siswa kurang berminat membaca, sehingga buku pembelajaran yang ada kurang dimanfaatkan secara optimal oleh siswa untuk belajar di sekolah maupun di rumah. Teknologi Pendidikan merupakan bidang studi yang berkompetensi untuk mengembangkan media pembelajaran. Tidak hanya terbatas pada program komputer, tetapi juga pada media pembelajaran cetak seperti komik. Pengembangan media komik pembelajaran perlu dilakukan agar siswa lebih tertarik membaca buku dan mudah memahami pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media komik sebagai media belajar yang sesuai dengan kriteria kelayakan media dan materi pada mata pelajaran Sejarah SMP kelas VII. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Produk dikembangkan melalui 5 tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pengembangan Produk Awal, 3) Validasi Produk, 4) Uji Coba, dan 5) Produk Akhir. Alat pengumpul data adalah angket. Data di analisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kualitas produk. Model penelitian pengembangan adalah model prosedural dengan subjek penelitian 4 orang responden, yang terdiri dari dua orang validator ahli media dan dua orang validator ahli materi yakni 1 orang dosen UNP, dan 3 orang Guru SMP N 25 Padang. Sampel penelitian adalah 32 orang siswa kelas VII.4 SMP N 25 Padang. Hasil analisis menunjukkan bahwa produk berada pada kategori Sangat Baik. Untuk aspek materi termasuk dalam kategori Sangat Baik. Untuk aspek media termasuk dalam kategori Sangat Baik, dan hasil analisis berdasarkan uji coba produk berada pada kategori Sangat Baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk ini layak digunakan sebagai media belajar untuk siswa SMP kelas VII pada mata pelajaran Sejarah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media komik pembelajaran Sejarah layak untuk dikembangkan sesuai dengan kriteria kelayakan media serta layak digunakan pada mata pelajaran Sejarah sebagai salah satu media belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Komik
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 30 Apr 2025 03:21
Last Modified: 30 Apr 2025 03:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9190

Actions (login required)

View Item
View Item