Rahayu, Rini Putri (2008) Pengaruh Penggunaan Compact Disc (CD) Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Negeri 7 Kerinci. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_RINI_PUTRI_RAHAYU_05540_2913_2013.pdf [thumbnail of B1_2_RINI_PUTRI_RAHAYU_05540_2913_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_RINI_PUTRI_RAHAYU_05540_2913_2013.pdf
Download (6MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 7 Kerinci, terlihat proses belajar mengajar masih kurang optimal. Hal ini dibuktikan dengan sulitnya siswa menginterprestasikan fakta sejarah. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya penggunaan media dalam menyampaikan materi ajar pada mata pelajaran sejarah yang berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan keefektifan pembelajaran dengan menggunakan Media Compact Disc (CD) Interaktif sebagai media pembelajaran sejarah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Kerinci. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Formula Control Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 7 Kerinci yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan memakai teknik Random Sampling, sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IPS 4 dan kelas kontrol kelas XI IPS 3. Hipotesis yang dikemukakan adalah terdapat pengaruh hasil belajar Sejarah siswa dengan menggunakan media pembelajaran Compact Disc (CD) Interaktif terhadap kemampuan siswa menginterpretasikan terhadap fakta-fakta sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen dengan menggunakan media Compact Disc (CD) Interaktif diperoleh nilai rata-rata uji Posttest menginterprestasikan fakta yaitu 13,90 lebih tinggi dibanding nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu 10,27. Berdasarkan analisis hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t didapat bahwa t hitung > t tabel ,(3,12 > 1,99) pada taraf signifikan α 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima. Selanjutnya, berdasarkan analisis materi menginterprestasikan fakta CD Interaktif baik digunakan untuk mengajarkan materi proses perkembangan. Sedangkan berdasarkan topik kerajaan media Compact Disc (CD) Interaktif cocok untuk materi pengulangan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media CD Interaktif dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 7 Kerinci.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 03:20 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 03:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9186 |