Oktavyoni, Oktavyoni (2014) Gambaran Minat Belajar Siswa IPA Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA N 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_OKTAVYONI_97112_2789_2014.pdf [thumbnail of B1_2_OKTAVYONI_97112_2789_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_OKTAVYONI_97112_2789_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa IPA pada mata pelajaran sejarah yang dilihat saat kegiatan pembelajaran di kelas.Seharusnya selama belajar dikelas, siswa harus memiliki minat yang tinggi dalam
mengikuti proses pembelajaran terutama pada saat kegiatan pembelajaran di kelas.Dengan adanya minat dalam belajar akan menciptakan konsentrasi dalam belajar,memperkecil terjadinya kebosanan dari dalam diri, serta mencegah terjadinya
gangguan perhatian dari hal-hal yang tidak berhubungan dengan belajar, siswa yang mempunyai minat yang tinggi terhadap belajar akan cenderung memperoleh nilai tinggi dalam belajar, begitu juga sebaliknya siswa yang tidak berminat dalam belajar akan memperoleh nilai yang rendah. Sehubungan dengan itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen-komponen minat belajar mana saja yang
masih rendah bagi siswa IPA dan penyebab rendahnya komponen minat belajar tersebut.Penelitian ini termasuk pada penelitian deskriptif dimana data dikumpulkan untuk melihat dan memahami kenyataan yang ada dilapangan.Lokasi penelitian yaitu di SMA N 2 Padang. Objek dalam penelitian ini adalah XI IPA III sebanyak 29 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan selanjutnya dilakukan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan rumus P= f/N.100
Berdasarkan analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa secara umum gambaran minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah tergolong pada kategori negatif atau rendah hanya beberapa orang siswa yang dapat dikatakan berminat dalam mengikuti proses pembelajaran sejarah di kelas. Jika dilihat dari persentase pada masing-masing komponen minat belajar siswa tidak satupun tergolong pada kategori positif. Hal ini disebabkan oleh faktor – faktor yang mempengaruhi minat
belajar yaitu psikologis, fisiologis, sosial dan non sosial siswa.Berdasarkan hasil kesimpulan tersebut, disarankan kepada guru sejarah yang mengajar dikelas XI IPA III untuk mengoptimalkan pengembangan minat belajar siswa selama mengikuti proses pembelajaran dikelas dengan menciptakan
lingkungan belajar yang kreatif dan kondusif dan lebih melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sejarah sehingga pembelajaran berjalan lancar dan efektif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 03:18 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 03:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9185 |