Pengaruh Pembuatan Puzzle pada Tugas Mind Map Terhadap Kompetensi Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 4 Padang

Ramadani, Wahyu (2014) Pengaruh Pembuatan Puzzle pada Tugas Mind Map Terhadap Kompetensi Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_WAHYU_RAMADANI_17470_3697_2014.pdf] Text
B1_3_WAHYU_RAMADANI_17470_3697_2014.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pemberian tugas rumah biologi di SMA Negeri 4 Padang belum efektif karena kurangnya respons guru terhadap tugas yang dibuat siswa, akibatnya siswa tidak sungguh-sungguh mengerjakan tugas dan tidak memiliki bekal awal dalam pembelajaran yang berujung pada rendahnya kompetensi siswa dalam mata pelajaran biologi. Banyak upaya yang dapat dilakukan guru agar siswa termotivasi aktif dalam proses pembelajaran dan mendapatkan hasil yang lebih baik, antara lain dengan membuat puzzle pada tugas mind map. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembuatan puzzle pada tugas mind map terhadap kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotor siswa kelas X IPA SMA Negeri 4 Padang tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa Kelas X IPA SMA Negeri 4 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 7 kelas. Sampel adalah siswa kelas X IPA 7 sebagai kelas eksperimen dan siswa Kelas X IPA 6 sebagai kelas kontrol. sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive cluster sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah the static group comparison design. Instrumen yang digunakan berupa seperangkat tes hasil belajar untuk mengukur kompetensi kognitif. Lembar observasi untuk mengukur kompetensi afektif dan psikomotor. Teknik analisis data dengan uji t. Hasil analisis data pada kompetensi kognitif, didapatkan t 1,82 dan t tabel 1,67. Pada kompetensi afektif didapatkan t i hitung 2,92 dan t 1,67. Begitu juga pada kompetensi psikomotor dengan t hitung 2,19 dan t hitung tabel 1,67. Dengan demikian t hitung > t tabel tabel berarti hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh berarti pemberian puzzle pada tugas mind map terhadap kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotor siswa Kelas X IPA SMA Negeri 4 Padang tahun pelajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Puzzle, Mind Map, Kompetensi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 30 Apr 2025 03:15
Last Modified: 30 Apr 2025 03:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9180

Actions (login required)

View Item
View Item