Pengembangan Model Pembelajaran Microteaching Berbasis Nilai-Nilai Islami

Asril, Zainal (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Microteaching Berbasis Nilai-Nilai Islami. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_08_ZAINAL_ASRIL_19478_1913_2020.pdf] Text
B1_08_ZAINAL_ASRIL_19478_1913_2020.pdf

Download (598kB)

Abstract

Berdasarkan penelitian pendahuluan di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, terindikasi bahwa Nilainilai
Islami belum dijadikan sebagai dasar dalam pembelajaran Microteaching
mahasiswa Pendidikan Agama Islam sehingga belum efektif di praktekan dalam
pembelajaran, hal ini akan mempengaruhi pada praktek pengalaman lapangan di
Madrasah/Sekolah. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk
meindentifikasi sejauhmana nilai-nilai Islami dijadikan pondasi dasar dalam
pembelajaran Microteaching bagi mahasiswa PAI khususnya dan umumnya
mahasiswa LPTK Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang.
Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Researchand
Development) dengan mengikuti tiga langkah pengembangan untuk menghasilkan
sebuah produk tertentu, studi pendahuluan, yang terdiri dari studi literatur, studi
lapangan, deskripsi dan analisis temuan,pengembangan model dalam langkah ini
dirancangdesain pengembangan, penyusunan perangkat model, uji coba model I,
evaluasi dan revisi, uji coba model II, evaluasi dan penyempurnaan serta penilaian
model, dan penilaian model pengembangan pembelajaran Microteaching berbasis
nilai-nilai Islami bagi mahasiswa PAI.Data diperoleh melalui angket. Data
tersebut didalami dan dianalisis untuk melihat efektivitas pengembangan nilainilai
Islami dalam pembelajaran Microteaching diujicobakan dalam penelitian.
Hasil penelitian menujukan bahwa, ada tiga nilai-nilai Islami yang
diintegrasikan dalam keterampilan dasar mengajar yakni nilai Illahiyah, yaitu nilai
yang sumbernya dari Al-Quran dan Sunnah.Kedua nilai Insaniyah, yaitu nilai
yang pada dasarnya sudah dibawa sejak lahir (Fitrah), tumbuh dan berkembang
atas kesepakatan manusia. Ketiga nilai Religiusitas adalah nilai yang
mendasarinya berorientasi pada aspek aqidah, ibadah, baik buruk, halal dan
haram atau pahala dan dosa.Analisis tingkat validitas dan keterpakaianmodel
pembelajaran Microteaching bagi mahasiswa PAI berada pada kategori layak.
Hasil pengimplementasian model diuji efektivitas skor pada (pretest-posttest)
sebelum dan sesudah mengikuti praktek yang didasari dengan nilai-nilai Islami
dalam pembelajaran Microteaching mahasiswa pendidikan agama islam (Kelas
PAI-A, B dan C) meningkat dengan memberikan konstribusi rata-rata 20 %
masing-masing dari 6 kelompok pembelajaran microteaching, yang diujikan
secara rata-rata menjadi tinggi yang sebelumnya berada pada kategori
sedang.Dengan demikian, sebagai hasil dari penelitian ini dapat dikemukakan
bahwa pengembangan pembelajaran Microteaching berbasis nilai-nilai Islami bagi
mahasiswa PAI menjadi baik dan benar sesuai dengan Nilai-nilai Al-Qur’an dan
Sunnah

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Pembelajaran Microteaching
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 30 Apr 2025 07:07
Last Modified: 30 Apr 2025 07:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9174

Actions (login required)

View Item
View Item