Sumber-sumber Belajar yang Digunakan dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Padang

Ningsih, Ariska Sastria (2015) Sumber-sumber Belajar yang Digunakan dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_ARISKA_SASTRIA_NINGSIH_55199_1232_2015.pdf] Text
B1_2_ARISKA_SASTRIA_NINGSIH_55199_1232_2015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak sesuainya Silabus dan RPP Mata
Pelajaran Sejarah yang dirancang oleh guru dengan yang dilaksanakan dalam
pembelajaran sejarah berkaitan dengan sumber belajar yang digunakan. Sumber
belajar yang digunakan dalam Silabus dan RPP adalah buku dan internet, sementara
yang disampaikan oleh guru sejarah SMA Negeri 1 Padang sumber belajar yang
digunakan beragam, seperti: candi, museum, artefak, peninggalan sejarah,
narasumber, buku, internet dan lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sesungguhnya sumber-sumber
belajar yang digunakan dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Padang. Jenis
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di SMA Negeri 1
Padang. Data diambil dari informan 3 orang guru sejarah, 9 orang siswa yang belajar
dengan informan, Waka Kurikulum dan Kepala Sekolah, melalui teknik observasi,
dokumentasi dan wawancara. Keabsahan data atau keakuratan data dalam penelitian
ini diuji dengan menggunakan teknik triagulasi data. Kemudian data yang terkumpul
dianalisis dengan interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sumber belajar yang digunakan oleh
guru sejarah di SMA Negeri 1 Padang adalah benda (candi, museum, artefak dan
peninggalan sejarah) dalam bentuk kegiatan lawatan sejarah, lingkungan sosial,
lingkungan budaya, buku teks dan internet; (2) sumber belajar yang belum pernah
digunakan adalah narasumber, hasil penelitian, jurnal, artikel dan lingkungan alam.
Penggunaan sumber belajar dalam pembelajaran sejarah belum semuanya digunakan
oleh guru sejarah, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: alokasi waktu
yang tidak memadai, tidak adanya anggaran biaya, tidak tersedianya di sekolah dan
kurangnya pemahaman guru dalam penggunaan sumber belajar. Sementara untuk
yang sudah digunakan, karena merupakan program yang sudah rutin dilaksanakan
dan tersedia serta difasilitasi oleh sekolah. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa sumber belajar sejarah yang digunakan dalam pembelajaran sejarah di SMA
Negeri 1 Padang sudah bisa dikatakan dapat mendukung proses pembelajaran sejarah
dalam meningkatkan pengetahuan siswa terhadap materi-materi sejarah

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sumber Belajar
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 30 Apr 2025 02:41
Last Modified: 30 Apr 2025 02:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9158

Actions (login required)

View Item
View Item