Pengaruh Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN I Padang Panjang Tahun Pelajaran 201112012

Putri Z, Rini Widia (2012) Pengaruh Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN I Padang Panjang Tahun Pelajaran 201112012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_Rini Widia Putri Z (01786)_2012.pdf] Text
B1_2_Rini Widia Putri Z (01786)_2012.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran yang berlangsung selama ini di sekolah sudah menggunakan
beberapa inovasi, namun belum mengupayakan peningkatan kemampuan komunikasi
matematis siswa. Siswa belum terlatih merangkai penyelesaikan permasalahan secara
komunikatif sehingga jawaban yang diberikan sulit dipahami setiap pembacanya.
Upaya untuk meningkatkan kemampuan ini adalah dengan menerapkan pendekatan
open ended dalam pembelajaran matematika. Proses pembelajaran dengan
pendekatan ini mengandung serangkaian kegiatan yang dapat menfasilitasi siswa
melatih kemampuan komunikasinya. Penelitian ini bertujuan untuk 1)Mengetahui
apakah kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPN 1 Padang
Panjang lebih baik setelah diterapkan pendekatan open ended dalam pembelajaran
2) Mengetahui bagaimanakah kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII
SMPN 1 Padang Panjang setelah diterapkan pendekatan open ended dalam
pembelajaran matematika.
Jenis penelitian ini adalah gabungan deskriptif dan pra-eksperimen.
Penelitian deskriptif digunakan untuk mendiskripsikan kemampuan komunikasi
matematis siswa dan penelitian pra-eksperimen untuk melihat hasil kemampuan
komunikasi matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan open
ended dalam pembelajaran matematika. Rancangan penelitian ini adalah one group
pretest-postest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPN 1
Padang Panjang Tahun Pelajaran 2011/2012 yang diambil secara purposive
sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes.
Berdasarkan nilai tes awal dan tes akhir siswa diperoleh bahwa rata-rata
kemampuan komunikasi matematis siswa pada tes awal yaitu 62.39 sedangkan pada
tes akhir meningkat menjadi 84.70. Dan berdasarkan perhitungan analisis
kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh thitung>ttabel, maka dapat
disimpulkan kemampuan komunikasi matematis siswa lebih baik setelah diterapkan
pendekatan open ended dalam pembelajaran matematika dibandingkan sebelum
diterapkan dalam pembelajaran matematika. Selain itu kemampuan komunikasi
matematis siswa juga cenderung meningkat dari tes awal sampai tes akhir.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 30 Apr 2025 02:41
Last Modified: 30 Apr 2025 02:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9156

Actions (login required)

View Item
View Item