Pengembangan Model Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru (PKPG) oleh Kepala Sekolah

Deswita, Yeni (2019) Pengembangan Model Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru (PKPG) oleh Kepala Sekolah. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_08_YENI_DESWITA_1204388_188_2021.pdf] Text
B1_08_YENI_DESWITA_1204388_188_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini tentang pembinaan kompetensi pedagogik guru SD dalam
pelaksanaan pembelajaran. Inti permasalahan adalah belum adanya model
pembinaan kompetensi pedagogik guru yang dapat dijadikan acuan oleh kepala
sekolah. Tujuan penelitian ini adalah membangun model pembinaan kompetensi
pedagogik guru yang dapat dijadikan salah satu rujukan bagi kepala sekolah
dalam melaksanakan tugas pembinaan.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan
menggunakan 5 (lima) langkah ADDIE (Analysis, Design, Develop,
Implementation, Evaluation). Data dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif
dan data kuantitatif. Data kualitatif dikumpulakan dengan teknik observasi,
wawancara dan studi dokumentasi. Data kuantitatif dikumpulkan dengan
menggunakan angket. Data kualitatif dianalisis dengan cara reduksi data,
penyajian data, dan menarik kesimpulan. Data kuantitatif dianalisis dengan
statistika deskriptif.
Temuan penelitian terkait dengan kompetensi pedagogik guru SD Kota
Solok menunjukkan bahwa dalam pengamatan kepala sekolah, kemampuan guru
melaksanakan pembelajaran berada pada nilai rata-rata 58%. Untuk tingkat
pemahaman guru tentang kompetensi pedagogik guru dengan nilai rata-rata 43.
untuk kebutuhan materi pembinaan, ditemukan persentase tertinggi yang
dibutuhkan yaitu pada indikator Peningkatan pemahaman guru terhadap peserta
didik 84 % dan Peningkatan kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran
yang mendidik dan dialogis sebesar 75 %. Terkait proses pembinaan kompetensi
guru menunjukkan bahwa pembinaan yang dilakukan masih fokus pada aspek
administratif untuk melengkapi nilai dalam PKG dan belum dilakukan sesuai
dengan tahapan yang semestinya.
Penelitian ini telah mengembangkan model pembinaan kompetensi
pedagogik guru yang terdiri dari (1) Buku Pedoman PKPG, (2) Buku Panduan
Kepala Sekolah dalam PKPG, dan (3) Buku Panduan Guru dalam PKPG. Model
ini dilengkapi dengan instrumen pengamatan terhadap kompetensi pedagogik guru
dan strategi kepala sekolah dalam menjalankan pembinaan. Model sudah
dinyatakan valid oleh validator pakar. Hasil ujicoba model pada kelompok
terbatas menunjukkan bahwa model dinyatakan praktis dan efektif digunakan
untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru SD

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Kompetensi Kompetensi Pedagogik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 30 Apr 2025 02:40
Last Modified: 30 Apr 2025 02:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9153

Actions (login required)

View Item
View Item