Gambaran Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah SMA Se Kabupaten Pasaman Berdasarkan Permendiknas No. 16 Tahun 2007

Okjunaidi, Okjunaidi (2013) Gambaran Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah SMA Se Kabupaten Pasaman Berdasarkan Permendiknas No. 16 Tahun 2007. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_OKJUNAIDI_79504_3317_2013.pdf] Text
B1_2_OKJUNAIDI_79504_3317_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelit ian ini dilatar belakangi dari rendahnya kompetensi pedagogik guru sejarah di kabupaten Pasaman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan secara empirik tentang gambaran kompetensi pedagogik guru mata
pelajaran Sejarah SMA se Kabupaten Pasaman berdasarkan Permendiknas No 16 Tahun 2007. Jenis penelit ian ini menggunakan metode deskript if kualitatif dan
deskript if kuant itatif. Hasil Penelit ian memberikan gambaran bahwa 1) guru mampu menguasai karakterist ik siswa dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 2) guru sering memberikan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik kepada siswa 3) guru sering mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran Sejarah dengan memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum 4) guru sering menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik dengan
memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik, 5) guru mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepent ingan pembelajaran 6) guru selalu menfasilitasi pengembangan potensi peserta didik
dengan menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong siswa mencapai prestasi secara optimal, 7) guru melakukan komunikasi secara efekt if,empat ik, dan santun dengan siswa, 8) guru sudah sering menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar dengan memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. 9) guru mampu memanfaatkan hasil penilaian
dan evaluasi untuk kepent ingan pembelajaran dengan menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar. 10) Guru selalu
melakukan t indakan reflekt if untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Berdasarkan hasil penelit ian yang telah dilaksanakan, maka disarankan Pihak sekolah diharapkan selalu memberikan motivasi dan memgingatkan kembali kepada
guru agar selalu menjalankan peranya sebagai guru yang sesuai dengan Permendiknas No 16 Tahun 2007.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 30 Apr 2025 01:57
Last Modified: 30 Apr 2025 01:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9150

Actions (login required)

View Item
View Item