Arizaldi, Arizaldi (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_ARIZALDI_1302322_3342_2018.pdf [thumbnail of B1_03_ARIZALDI_1302322_3342_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_ARIZALDI_1302322_3342_2018.pdf
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga pembelajaran berpusat kepada guru dan belum mampu membuat siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini membuat pembelajaran menjadi kurang optimal sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat membuat siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah Pre Experimental Design dengan desain penilitian One Group Pretest-Posttest yang dilaksanakan dalam 3 siklus pembelajaran dengan subjek penelitian siswa kelas X TKL 1 SMK Negeri 2 Lubuk Basung tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 30 orang siswa. Pada penelitian ini, metode pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar berupa tes objektif yang terdiri dari pretest, kuis yang dilaksanakan pada pertemuan ke 3 pembelajaran serta posttest yang sudah dilakukan uji coba soal sebelumnya. Data yang diperoleh tersebut dianalisis menggunakan rumus ketuntasan belajar siswa, sedangkan untuk menentukan skor kemajuan individu sebagai syarat penentuan nilai kelompok TGT dilakukan games tournament di setiap akhir pertemuan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa rata-rata nilai pretest sebelum penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT sebesar 74 dan rata-rata nilai postest setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT sebesar 83. Perhitungan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pelaksaaan pretest sebesar 53,3% dan saat pelaksaan postest mencapai 86,67%, artinya terdapat penigkatan persentase ketuntasan klasikal siswa sebanyak 34%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di SMK Negeri 2 Lubuk Basung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dasar listrik dan elektronika, Ketuntasan hasil belajar , TGT |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 22:45 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 22:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9134 |