Using The Dictogloss Strategy in Helping Junior High School Students to Write a Narrative Text

Agustin, Melani Eldadri (2011) Using The Dictogloss Strategy in Helping Junior High School Students to Write a Narrative Text. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_MELANI_ELDADRI_AGUSTIN_77143_5505_2011.pdf] Text
B1_MELANI_ELDADRI_AGUSTIN_77143_5505_2011.pdf

Download (3MB)

Abstract

Menulis teks naratif merupakan salah satu keterampilan yang harus diajarkan pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Pengajaran keterampilan menulis ini bertujuan agar para siswa mampu mengembangkan ide, pendapat, pemikiran dan perasaannya secara logis dan berstruktur dalam bahasa yang baik. Namun kenyataannya banyak siswa mengalami kesulitan dalam menulis sebuah teks naratif berbahasa Inggris. Hal ini disebabkan oleh beberapa factor yaitu: siswa memiliki kesulitan dalam mengembangkan ide, siswa masih ragu dalam menentukan struktur dari teks, dan sedikitnya kosa kata yang dimiliki oleh siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru sebaiknya menggunakan strategi yang menarik yang bisa mempengaruhi proses belajar siswa lebih efektif dan efesien. Tidak hanya itu, strategi ini akan membuat siswa termotivasi dalam menulis teks naratif. Strategi yang dapat digunakan dalam pengajaran menulis teks naratif adalah dictogloss. Dictogloss merupakan salah satu aktifitas dimana siswa diminta menyusun kembali atau menciptakan kembali teks narrative yang telah mereka dengar. Ada tiga tahap pengajaran dalam menggunakan strategi dictogloss, yaitu: pre activity, whilst activity, dan post activity. Pre activity merupakan tahap awal yang difokuskan pada pengenalan teks naratif yang akan dberikan kepada siawa. Whilst activity merupakan tahap dimana siswa diminta mendengarkan teks naratif melalui audio. Siswa juga membuat catatan kecil ketika mereka mendengarkan teks tersebut. Setelah itu, siswa bekerja dengan kelompok untuk mendiskusikan dan menulis kembali teks naratif yang telah mereka dengarkan. Post activity merupakan tahap akhir dimana guru mendiskusikan dan menyimpulkan hasil karangan siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Menulis teks naratif, Kesulitan siswa dalam menulis
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 29 Apr 2025 22:38
Last Modified: 30 Apr 2025 01:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9114

Actions (login required)

View Item
View Item