Improving Vocational High School Students’ Grammar Mastery by Using Local Area Network (LAN) System as a Media

Sufriyansyah, Sufriyansyah (2011) Improving Vocational High School Students’ Grammar Mastery by Using Local Area Network (LAN) System as a Media. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_MEKRI_SUFRIYANSYAH_72686_1350_2011.pdf] Text
B1_MEKRI_SUFRIYANSYAH_72686_1350_2011.pdf

Download (582kB)

Abstract

Memahami struktur bahasa merupakan hal yang paling mendasar dalam profisiensi bahasa. Pengajaran struktur bahasa yang dikenal dengan istilah grammar juga merupakan bagian yang esensial dari pengajaran bahasa. Namun dengan melihat situasi dan kondisi mengajar tidak jarang ditemukan seorang guru kurang berhasil dalam upaya mengajarkan penguasaan grammar terhadap siswa. Makalah ini membahas tentang pengajaran grammar bahasa Inggris. Setelah beberapa waktu, penulis mengadakan penelitian pustaka tetang pengajaran grammar, ternyata menurut para ahli penggunaan sebuah media yang mengarah ke pada pendekatan belajar dengan komputer, Local Area Network (LAN) dalam pengajaran bahasa Inggris adalah salah satu alternatif dari beberapa teknik yang bisa dipakai dalam pengajaran grammar. Dalam paper ini penulis mencoba membahas pengajaran grammar bahasa Inggris dengan menggunakan koneksi Local Area Network (LAN) untuk siswa SMK, sehingga pengajaran grammar akan terasa lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa dan suasana kelas jadi lebih efektif dan kondusif. Adapun secara umum, LAN merupakan sebuah koneksi antar komputer yang dirangcang sedemikian rupa sehingga memungkinkan adanya daya akses satu sama lain untuk keperluan tertentu. Dalam konteks ini Penulis mengaplikasikan koneksi tersebut sebagai media pembelajaran yang efektif di mana satu komputer berperan sebagai server/ penyedia dan yang lainnya sebagai client/ pengakses. Komputer server ini dipegang oleh guru sebagai facilitator di dalam kelas dan komputer-komputer client digunakan oleh masing-masing siswa untuk mengakses materi belajar. Seperti makalah pembelajaran pada umumnya, Penulis juga menampilkan langkah-langkah di dalam pengajaran grammar dengan menggunakan Local Area Network (LAN). Adapun pelaksanaan teknik pembelajaran ini disajikan dalam tiga langkah, yaitu pre-teaching, whilst-teaching dan post-teaching activities. Adapun pre-teaching merupakan kegiatan menggali pemahaman siswa tentang topik pelajaran yang akan diajarkan. Berikutnya, sebagai kegiatan inti, whilstteaching adalah pembahasan topik yang diajarkan dengan menggunakan komputer dan pengerjaan latihan-latihan yang mengarah kepada penguasaan grammar. Sedangkan sebagai kegiatan penutup, post-teaching merupakan kegiatan pemberian tugas sesuai dengan topik yang telah diajarkan dengan bantuan komputer.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 29 Apr 2025 22:36
Last Modified: 29 Apr 2025 22:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9108

Actions (login required)

View Item
View Item