Pemenuhan Kepuasan Kebutuhan terhadap Anime pada Komunitas White Raven di Kota Padang

Hamdala, Rahmi (2017) Pemenuhan Kepuasan Kebutuhan terhadap Anime pada Komunitas White Raven di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_RAHMI_HAMDALA_1206083_5245_2017.pdf] Text
B1_04_RAHMI_HAMDALA_1206083_5245_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan sekelompok orang yang memiliki kesamaan hobi terhadap budaya modern Jepang seperti anime sehingga memberikan wadah untuk menyalurkan hobi dan kecintaan dari anggota komunitas White Raven. Hobi dan kecintaan terhadap anime membuat anggota komunitas rela menghabiskan banyak uang, waktu serta tenaga untuk kepentingan-kepentingan yang berhubungan dengan anime dan komunitasnya. Kecintaan terhadap anime mendorong anggota komunitas untuk melakukan berbagai cara agar kebutuhan mereka terhadap anime bisa terpenuhi, sehingga memberikan kepuasan tersendiri bagi anggota komunitas. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori aksi dari Talcot Parsons. Menurut Parsons manusia merupakan aktor yang kreatif dari realitas sosialnya dan memiliki kebebasan untuk bertindak dan menetapkan cara atau alat dari sejumlah alternatif yang tersedia dalam rangka mencapai tujuan. Dalam artian sebagai pecinta anime adanya keinginan anggota komunitas untuk memenuhi kepuasan terhadap anime dengan melakukan berbagai cara atau alternatif baik dari segi perilaku pecinta anime maupun dari segi materi yang harus diperoleh untuk mengoleksi manga, action figure, kostum dan mengikuti even-even yang bertemakan budaya Jepang agar kepuasan terhadap anime bisa dipenuhi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif, tipe penelitian studi kasus, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Informan penelitian berjumlah 30 orang yang terdiri atas 25 anggota komunitas White Raven, 2 orang pecinta anime yang tidak bergabung dengan komunitas, 3 orang teman-teman dari anggota komunitas White Raven. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data dari Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada dua cara yang dilakukan oleh anggota komunitas untuk memenuhi kepuasan kebutuhan terhadap anime antara lain: 1) kebutuhan dari aspek psikologi, yaitu (1) perilaku menarik diri untuk menonton film anime, (2) mengoleksi manga dan action figure terlengkap dan terupdate, (3) kepuasan anggota komunitas melalui kepemilikan kostum. 2) Kebutuhan dari segi materi, untuk memperoleh semua hal tersebut mereka mencari alternatif untuk mendapatkan uang dengan cara, yakni (1) kerja part time, (2) jual beli kostum, (3) menabung dari uang saku pribadi, (4) meminta kepada orang tua.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan, Kepuasan, Anime, Komunitas White Raven
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HM Sociology
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 29 Apr 2025 22:33
Last Modified: 29 Apr 2025 22:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9096

Actions (login required)

View Item
View Item