Efektivitas Balok Bacaan Braille Arab dalam Upaya Melatih Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Braille Arab bagi Tunanetra: Single subject research kelas XI di SMK N 7 Padang

Alfionita, Vanni (2022) Efektivitas Balok Bacaan Braille Arab dalam Upaya Melatih Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Braille Arab bagi Tunanetra: Single subject research kelas XI di SMK N 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_Vanni_Alfionita_17003075_717_2022.pdf] Text
B1_2_Vanni_Alfionita_17003075_717_2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan pada anak tunanetra kelas XI di SMK N 7 Padang, yang mengalami permasalahan dalam mengenal huruf hijaiyah braille arab dimana anak sama sekali tidak tahu dan tidak pernah belajar ataupun diajarkan mengenai huruf hijaiyah braille arab. Berdasarkan permasalahan diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk membuktikan media balok bacaan braille arab dapat digunakan untuk mengenalkan huruf hijaiyah braille arab pada anak tunanetra. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain A-B-A dengan metode single subject research (SSR) dan target behavior yaitu mengenal huruf hijaiyah arab braille dari Alif (١)– Ya (ﻱ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media balok bacaan braille arab efektif digunakan untuk mengenalkan huruf hijaiyah braille arab pada anak tunanetra. Pada analisis dalam kondisi dengan jumlah variabel yang dianalisis dengan hasil analisis kecenderungan stabilitas pada kondisi (A 1 ) 0%, (B) + 33,33% dan (A 2 ) + 100%. Pada analisis antar kondisi berupa Persentase overlape pada kondisi baseline (A 1 ) dengan kondisi intervensi sebesar sebesar 0% dan pada kondisi baseline setelah intervensi (A 2 ) dengan kondisi intervensi sebesar 44,44%. Angka 100% membuktikan bahwa hipotesis diterima dan media balok bacaan braille arab dapat digunakan dalam mengenalkan huruf hijaiyah braille arab.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Huruf Hijaiyah Braille Arab, Tunanetra, Media Balok Bacaan Braille Arab
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 29 Apr 2025 22:30
Last Modified: 29 Apr 2025 22:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9088

Actions (login required)

View Item
View Item