Meningkatkan Keterampilan Bercocok Tanam Daun Bawang Melalui Metode Latihan pada Anak Tunagrahita Ringan di Kelas VI SLB YPPLB Padang

Prautama, Utari (2016) Meningkatkan Keterampilan Bercocok Tanam Daun Bawang Melalui Metode Latihan pada Anak Tunagrahita Ringan di Kelas VI SLB YPPLB Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_UTARI_PRAUTAMA_1200308_4545_2016.pdf] Text
B1_2_UTARI_PRAUTAMA_1200308_4545_2016.pdf

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ketidakmampuan anak tunagrahita ringan kelas VI dalam keterampilan bercocok menanam daun bawang. hal ini disebabkan masih kurangnya anak mempraktekan kegiatan bercocok tanam daun bawang dengan baik dan benar. Penelitian ini menggunakan metode latihan, tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan proses pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan bercocok tanam daun bawang melalui metode latihan, dan 2) membuktikan apakah metode Latihan dapat meningkatkan keterampilan bercocok tanam daun bawang pada anak tunagritaringan kelas VI di SLB YPPLB Padang Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom Action Research), yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas. Subjek penelitian yaitu tiga orang anak tunagrahita ringan kelas VI C . Data diperoleh melalui observasi, dan tes . kemudian dianalisis secara kulitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) proses pembelajaran bercocok tanam daun bawang dengan menggunakan metode latihan dilakukan dengan dua siklus. Siklus I dengan enam kali pertemuan. Masing-masing siklus diawali dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan (kegiatan awal, inti dan akhir), observasi, analisis dan refleksi. 2) hasil dari pembelajaran dengan menggunakan metode latihan dalam bercocok tanam daun bawang terlihat ada peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil awal BY memperoleh nilai (28,12%), dan AN memperoleh nilai (25,44%)dan RY memperoleh nilai (24,55%). Siklus I nilai tertinggi yang diperoleh BY adalah (53,57%) AN memperoleh nilai ( 53,12%) dan RY memperoleh (41,51%). Sedangkan pada siklus II bertambah meningkat BY memperoleh (100%), AN memperoleh nilai (100%) dan RY memperoleh nilai (100%). Dapat dismpulkan bahwa ketiga orang anak mengalami peningkatan kemampuan bercocok tanam daun bawang setelah diberikan metode latihan secara berulang-ulang kepada anak tunagrahita ringan kelas VI di SLB YPPLB Padang. Disarankan pada guru keterampilan agar dapat menggunakan metode latihan dalam pembelajaran keterampilan lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Bercocok Tanam, Metode Latihan, Anak Tunagrahita Ringan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 29 Apr 2025 09:27
Last Modified: 29 Apr 2025 09:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9081

Actions (login required)

View Item
View Item