Zulhendri, Zulhendri (2014) Analisis Perbandingan Cara Belajar Mahasiswa yang Memperoleh IPK Tinggi dengan Cara Belajar Mahasiswa Sejarah yang Memiliki IPK Rendah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_zulhendri_ 55258_4421_2014.pdf [thumbnail of B1_02_zulhendri_ 55258_4421_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_zulhendri_ 55258_4421_2014.pdf
Download (969kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena awal dilapangan bahwa sanya banyak
mahasiswa yang memperoleh IPK tinggi memilki cara belajar yang baik sedangkan cara
belajar mahasiswa memperoleh IPK rendah memiliki cara belajar yang buruk.Pada waktu
observasi awal banyak mahasiswa yang tidak memiliki cara belajar yang baik misal pada
waktu kuliah banyak mahasiswa buka facebook,dan sering keluar sehingga dibatasi masalah
penelitian bagaimana perbedaan cara belajar mahasiswa yang memperoleh IPK tinggi dengan
cara belajar mahasiswa yang memperoleh IPK rendah pada proses pembelajaran sejarah
dengan tujuan penelitian untuk menganalisis cara belajar mahasiswa memperoleh IPK tinggi
dengan cara belajar mahasiswa Sejarah memperoleh IPK rendah
Penelitian ini termasuk pada penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan studi
evaluatif. Lokasi penelitian yaitu di Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri
Padang. Objek dalam penelitian ini adalah 10 mahasiswa jurusan Sejarah Fis UNP tahun
2011 diantaranya 4 mahasiswa yang memiliki IPK tinggi dan 6 orang yang memiliki IPK
rendah. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan selanjutnya dilakukan dengan
wawancara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan Miles Hubermman.
Dari analisis data hasil penelitian terdapat sajian data lapangan memperoleh perbedaan
cara belajar mahasiswa memperoleh IPK tinggi dengan cara belajar mahasiswa memperoleh
IPK rendah terdapat pada indikator 1 yaitu menyiapkan diri kuliah diantaranya tempat
duduk,menyediakan bahan ajar dan memahami materi perkuliahan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan cara
belajar mahasiswa yang memperoleh IPK tinggi dengan cara belajar belajar mahasiswa
sejarah memperoleh IPK rendah setelah diamati per indikator dari cara belajar mahasiswa
Berdasarkan kesimpulan, disarankan kepada mahasiswa yang telah memperoleh IPK tinggi
lebih meningkatkan kesiapanya dalam belajar sehingga memperoleh IPK yang lebih baik.dan
mahasiswa yang memperoleh IPK rendah agar lebih ditingkatkan belajarnya dalam persiapan diri
dalam perkuliahan agar memperoleh nilai yang bagus.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CARA BELAJAR MAHASISWA |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 09:24 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 09:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9069 |