Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Autis pada Masa COVID–19 di SDN 09 Koto Luar Penyelenggara Pendidikan Inklusif

Kurnia, Ummul Afifah (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Autis pada Masa COVID–19 di SDN 09 Koto Luar Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_UMMUL_AFIFAH_KURNIA_16003181_759_2021.pdf] Text
B1_2_UMMUL_AFIFAH_KURNIA_16003181_759_2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi daribelum terbiasanya guru dan siswa autis dalam pelaksanaan pembelajaran daring untuk pelajaran pendidikan agama islam yang dilaksanaan pada masa pandemi COVID-19 di SDN 09 Koto Luar penyelenggara pendidikan inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran daring pendidikan agama islam bagi anak Autis dikelas tinggi pada masa COVID – 19 Di SDN 09 Koto Luar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, subjek penelitian yaitu guru pendidikan agama islam, orang tua anak autis, dan anak autis (X). Tujuan utama penelitian ini menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek dan subjek yang diteliti secara tepat tentang proses pelaksanaan pembelajaran daring pendidikan agama islam bagi anak Autis dikelas tinggi pada masa COVID – 19 Di SDN 09 Koto Luar . Data yang diperoleh dan dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang didapatkan kemudian dianalisis dan disajikan dengan menarik kesimpulan mengenai data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian ini tentang proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam secara daring pada masa COVID-19 yang dilakukandengan menggunakan metode pemberian tugas melalui aplikasi online yaitu whatsapp dengan memberikan materi berupa foto materi, voice note dan video yang dikirimkan. Evaluasi kegiatan yang dilakukan guru yaitu seperti memberikan tugas mingguan dan melaksanakan ulangan harian berupa soal-soal. Selanjutnya permasalahan dan kedala utama yang dialami guru,orang tua dan anak autis yaitu kesulitan pemahaman anak autis yang masih pada tingkat SD tentang pelajaran yang diberikan secara daring yang mana biasanya anak autis perlu melaksanakan pembelajaran secara langsung dan secara intensif untuk memahami pelajarannya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak Autis, COVID-19, Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 29 Apr 2025 09:24
Last Modified: 29 Apr 2025 09:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9068

Actions (login required)

View Item
View Item