Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Powtoon Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP

Hendrawan, Arief (2023) Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Powtoon Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_Arief_Hendrawan_18004102_2609_2023.pdf] Text
B1_03_Arief_Hendrawan_18004102_2609_2023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Media pembelajaran mampu mengubah materi yang bersifat abstrak menjadi lebih konkret dan dapat peserta didik rasakan baik suara atau gambar secara bersamaan yaitu berupa video animasi. Media video animasi ini dikemas menggunakan aplikasi Powtoon yang termasuk ramah penggunaan dalam prosesn pembelajaran. Pada pembelajaran IPA dikelas guru lebih mendominasi pembelajaran dan guru menggunakan media seadanya seperti buku cetak sehingga dalam proses pembelajaran tersebut siswa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Oleh karena itu, video pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan aspek-aspek berupa gambar, animasi, dan suara yang belum ada pada media yangdipakai sebelumnya. Pengembangan media video animasi ini bertujuan untuk menghasilkan produk media video animasi yang valid dan praktis untuk digunakan. Pengembangan media video animasi ini bertujuan untuk menghasil kanproduk media video animasi yang valid dan praktis untuk digunakan. Penelitianini bertujuan untuk menghasilkan produk media video animasi menggunkan powtoon pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMP.Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan 4-D (Four-D Models).Model pengembangan 4-D (Four-D Models) terdapat empat tahap yang harusdilakukan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Ujivalidasi produk yang dilakukan oleh tiga validator, dimana satu orang validatormateri dan dua orang validator media. Sedangkan uji praktikalitas dilakukan olehsiswa kelas VIII A SMPN 1 Padang Panjang yang berjumlah 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket, dokumentasi dan formatpenilaian.Hasil uji validitas didapati bahwa hasil rata-rata dari validasi materi adalah4,77 dalam kategori “sangat valid” dan hasil validasi ahli media dengan nilairata-rata yang diperoleh oleh validator media I yaitu 4,46 dan validator media IIyaitu 4,86 dalam kategori “sangat valid”. Sedangkan hasil praktikalitas olehsiswa kelas VIII SMPN 1 Padang Panjang dalam kategori “sangat valid”. Secarakeseluruhan dapat disimpulkan bahwa kuis interaktif “layak digunakan”digunakan pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Video animasi, Powtoon
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 29 Apr 2025 07:53
Last Modified: 29 Apr 2025 07:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9051

Actions (login required)

View Item
View Item