Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMAN 4 Payakumbuh

Honesty, Vonia (2015) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMAN 4 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_VONIA_HONESTY_54106_625_2015.pdf] Text
B1_3_VONIA_HONESTY_54106_625_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan di lapangan yaitu di SMAN 4 Payakumbuh, masih banyaknya siswa kelas XII yang memperoleh hasil belajar yang rendah. Selain itu proses pembelajaran masih terpusat kepada guru dimana guru cenderung menggunakan metode pembelajaran konvensional pada saat mengajar sehingga mengakibatkan kurangnya keaktifan dan keinginan siswa dalam mengikuti pelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan Model Means Ends Analysis (MEA) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Sosiologi kelas XII IPS SMAN 4 Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk quasy eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMAN 4 Payakumbuh tahun pelajaran 2014/2015. Teknik yang digunakan di dalam pengambilan sampel yaitu purposive sampling, sehingga yang menjadil sampel adalah siswa kelas XII IPS.3 (kelas Eksperimen) dan siswa kelas XII IPS.1 (kelas Kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal. Setelah diperoleh data dilakukan uji normalitas, dan uji homogenitas terhadap data hasil belajar, kemudian dilanjutkan uji t-tes. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) yaitu 81,43 lebih tinggi dari yang menerapkan metode pembelajaran konvensional yaitu 68,63. Sedangkan dari perhitungan t-tes diperoleh t hitung adalah 5,663 dan t 2,00 pada taraf signifikan α 0,05, maka t hitung > t tabel tabel . Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kelas yang menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan hasil belajar kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPS pada pembelajaran Sosiologi SMAN 4 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Means Ends Analysis, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 29 Apr 2025 07:51
Last Modified: 29 Apr 2025 07:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9043

Actions (login required)

View Item
View Item