Batubara, Ulfah Nury (2016) Pengembangan Media Story Line dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa Sekolah Menengah Atas pada Materi Upaya Mempertahankan Kemerdekaan dari Ancaman Sekutu dan Belanda. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_ULFAH_NURY_BATUBARA_1201708_5639_2016.pdf [thumbnail of B1_2_ULFAH_NURY_BATUBARA_1201708_5639_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_ULFAH_NURY_BATUBARA_1201708_5639_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan media pembelajaran story line pada mata pelajaran sejarah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa khususnya siswa Sekolah Menengah Atas. 2) Mengetahui kelayakan media story line pada mata pelajaran sejarah kelas XI pada materi “Upaya mempertahankan kemederkaan dari ancaman sekutu dan Belanda”. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development), yang bertujuan untuk menghasilkan produk tertentu dan telah teruji keefektifannya. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMAN 7 Padang. Sementara waktu penelitian yakni pada bulan April – Juni 2016. Langkah penelitian menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974) yang terdiri atas, Define (tahap pendefinisian), Design (tahap perancangan), Development (tahap pengembangan) dan Disseminate (penyebarluasan). Subjek penelitian adalah siswa XI MIPA 6, SMAN 7 Padang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 31 orang. Instrumen pengumpul data menggunakan angket dalam bentuk skala Likert. Skala ini disusun dengan menggunakan kategori positif dengan nilai tertinggi 5 untuk sangat setuju dan 1 untuk kategori tidak setuju. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validator dari ahli materi menyatakan media story line sangat layak digunakan dengan data analisis sebesar 4.72. Sedangkan validator dari ahli media diperoleh skor 4.2 dengan kategori sangat layak. Oleh karena itu, dapat digunakan dan diuji cobakan kepada siswa. Setelah uji-coba dilakukan evaluasi, untuk melihat kepraktisan media dalam meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa. Dari hasil evaluasi diperoleh persentase siswa dengan nilai kategori baik sebesar 65%. Dengan demikian, media story line yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa dinyatakan layak dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kronologis, sehingga dapat dimanfaatkan oleh guru mata pelajaran sejarah sebagai salah satu alternatif media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Story Line, Berpikir Kronologis |
Subjects: | D History General and Old World > DS Asia L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 07:49 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 07:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9033 |