Oktavia, Dika (2013) Kiat Memberdayakan Fungsi Perpustakaan SDN 04 Tanjung Alai sebagai Sumber Belajar Siswa. Diploma/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_7_DIKA_OKTAVIA_15958_3663_2013.pdf [thumbnail of B1_7_DIKA_OKTAVIA_15958_3663_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_7_DIKA_OKTAVIA_15958_3663_2013.pdf
Download (831kB)
Abstract
Makalah ini membahas tentang kiat memberdayakan fungsi PerpustakaanSDN 04 Tanjung Alai. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) fungsiPerpustakaan SDN 04 Tanjung Alai sebagai sumber belajar siswa, (2) faktorfaktor penyebab rendahnya pengunjung Perpustakaan SDN 04 Tanjung Alai, dan(3) kiat memberdayakan fungsi Perpustakaan SDN 04 Tanjung Alai sebagaisumber belajar siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancaradengan kepala sekolah, para guru dan pustakawan di SDN 04 Tanjung Alai.Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif.Berdasarkan penganalisisan data, disimpulkan hal-hal sebagai berikut.Pertama, fungsi Perpustakaan SDN 04 Tanjung Alai sebagai sumber belajar siswabelum berjalan dengan baik. Hal itu dapat dibuktikan dari belum lengkapnyakoleksi yang tersedia di Perpustakaan SDN 04 Tanjung Alai sebagai sumberbelajar siswa. Hal tersebut salah satunya terlihat dari jumlah koleksi buku paketyang tersedia di perpustakaan tidak sesuai dengan jumlah siswa. Koleksi yang adabelum terkelola dengan baik, sehingga fungsi perpustakaan sebagai sumberbelajar siswa belum berjalan dengan baik pula. Selain berfungsi sebagai salah satusumber belajar siswa, Perpustakaan SDN 04 Tanjung Alai juga memiliki fungsirekreasi, seperti menyediakan koleksi yang menghibur, contohnya buku-bukucerita dan menyediakan sarana permainan, contohnya catur. Kedua, faktor yangmenyebabkan rendahnya pengunjung Perpustakaan SDN 04 Tanjung Alai adalah(1) karena rendahnya minat baca siswa SDN 04 Tanjung Alai, (2) kurangnyakoleksi yang ada di perpustakaan, (3) belum lengkapnya fasilitas serta sarana danprasarana perpustakaan, (4) belum adanya program promosi perpustakaan yangbertujuan untuk menarik minat siswa supaya mau berkunjung ke perpustakaanSDN 04 Tanjung Alai, dan (5) petugas perpustakaan yang bukan tenagaprofesional di bidang perpustakaan. Ketiga, kiat-kiat untuk memberdayakanfungsi Perpustakaan SDN 04 Tanjung Alai sebagai sumber belajar siswa sudahdilakukan namun, baru dilakukan oleh para guru saja. Kiat-kiat yang dilakukanyaitu, (1) dengan memberikan tugas tambahan di luar kelas, (2) siswa diajak untukmembuat mading (majalah dinding) dan cerita, yang referensinya diambil diPerpustakaan SDN 04 Tanjung Alai, (3) memberikan tugas sinopsis kepadasiswa, dan (4) mMakalah ini membahas tentang kiat memberdayakan fungsi PerpustakaanSDN 04 Tanjung Alai. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) fungsiPerpustakaan SDN 04 Tanjung Alai sebagai sumber belajar siswa, (2) faktorfaktor penyebab rendahnya pengunjung Perpustakaan SDN 04 Tanjung Alai, dan(3) kiat memberdayakan fungsi Perpustakaan SDN 04 Tanjung Alai sebagaisumber belajar siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancaradengan kepala sekolah, para guru dan pustakawan di SDN 04 Tanjung Alai.Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif.Berdasarkan penganalisisan data, disimpulkan hal-hal sebagai berikut.Pertama, fungsi Perpustakaan SDN 04 Tanjung Alai sebagai sumber belajar siswabelum berjalan dengan baik. Hal itu dapat dibuktikan dari belum lengkapnyakoleksi yang tersedia di Perpustakaan SDN 04 Tanjung Alai sebagai sumberbelajar siswa. Hal tersebut salah satunya terlihat dari jumlah koleksi buku paketyang tersedia di perpustakaan tidak sesuai dengan jumlah siswa. Koleksi yang adabelum terkelola dengan baik, sehingga fungsi perpustakaan sebagai sumberbelajar siswa belum berjalan dengan baik pula. Selain berfungsi sebagai salah satusumber belajar siswa, Perpustakaan SDN 04 Tanjung Alai juga memiliki fungsirekreasi, seperti menyediakan koleksi yang menghibur, contohnya buku-bukucerita dan menyediakan sarana permainan, contohnya catur. Kedua, faktor yangmenyebabkan rendahnya pengunjung Perpustakaan SDN 04 Tanjung Alai adalah(1) karena rendahnya minat baca siswa SDN 04 Tanjung Alai, (2) kurangnyakoleksi yang ada di perpustakaan, (3) belum lengkapnya fasilitas serta sarana danprasarana perpustakaan, (4) belum adanya program promosi perpustakaan yangbertujuan untuk menarik minat siswa supaya mau berkunjung ke perpustakaanSDN 04 Tanjung Alai, dan (5) petugas perpustakaan yang bukan tenagaprofesional di bidang perpustakaan. Ketiga, kiat-kiat untuk memberdayakanfungsi Perpustakaan SDN 04 Tanjung Alai sebagai sumber belajar siswa sudahdilakukan namun, baru dilakukan oleh para guru saja. Kiat-kiat yang dilakukanyaitu, (1) dengan memberikan tugas tambahan di luar kelas, (2) siswa diajak untukmembuat mading (majalah dinding) dan cerita, yang referensinya diambil diPerpustakaan SDN 04 Tanjung Alai, (3) memberikan tugas sinopsis kepadasiswa, dan (4) memperlihatkan buku-buku yang menarik untuk dibaca.emperlihatkan buku-buku yang menarik untuk dibaca.
Item Type: | Thesis (Diploma/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERPUSTAKAAN SEKOLAH, SUMBER BELAJAR |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan-D3 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 07:45 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 07:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9023 |