Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lesson Pada Mata Diklat Memahami Dasar-Dasar Elektronika Kelas X di SMK Negeri 1 Pariaman

Arianto, Arianto (2017) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lesson Pada Mata Diklat Memahami Dasar-Dasar Elektronika Kelas X di SMK Negeri 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_ARIANTO_55442_3949_2017.pdf] Text
B1_03_ARIANTO_55442_3949_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran yang berpusat pada guru berdampak kurang optimalnya kemampuan berfikir siswa. Selain itu, siswa juga sulit untuk memahami materipem belajaran dari bahan ajar yang telah disediakan, sehingga siswa menjadi pelajar pasif. Berdasarkan kenyataan tersebut perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran aktif tipe peer lesson pada mata diklat Memahami Dasar-Dasar Elektronika di SMK Negeri 1 Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hasil belajar siswa pada mata diklat Memahami Dasar Dasar Elektronika melalui pembelajaran aktif tipe peer lesson dan untukmengetahui perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol.Penelitian ini merupakan penelitian kuntitatif, yang masuk kedalam jenis penelitian eksperimen semu (Quasy Eksperimen). Subjek penelitian ini adalahsiswa kelas X TITL A sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 orang siswa padatahun ajaran 2015/2016. Instrumen telah diuji untuk melihat validitas, reliabilitas,tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Uji coba instrumen dilakukan kepada 30 orang siswa yaitu kelas X TITL B di SMK Negeri 1 Pariaman yangmempunyai karakteristik yang sama dengan populasi penelitian. Hasil belajar diperoleh dari pretest dan postest yang kemudian dilakukan uji gain score.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yangsignifikan terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan,dimana rata-rata nilai dari kelas eksperimen pada pretest adalah 65,19, sedangkanrata-rata pada post-test 81,81. Dengan analisis gain score diperoleh nilai belajarpre-test dan post-test mengalami kenaikan dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasilbelajar siswa setelah diberi perlakuan pembelajaran aktif tipe peer lesson padamata diklat Memahami Dasar-Dasar Elektronika di SMK Negeri 1 Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peer lesson, Metode ceramah, Hasil belajar, Memahami dasar- dasar elektronika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 29 Apr 2025 07:44
Last Modified: 29 Apr 2025 07:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9019

Actions (login required)

View Item
View Item