Upaya Guru dalam Memahami Perbedaan Karakteristik Peserta Didik di SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Audia, Rahma (2017) Upaya Guru dalam Memahami Perbedaan Karakteristik Peserta Didik di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_RAHMA_AUDIA_1206065_5373_2017.pdf] Text
B1_04_RAHMA_AUDIA_1206065_5373_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beragamnya karakteristik yang dimiliki oleh peserta didik di sekolah yaitu, sifat dan cara belajar peserta didik. Setiap individu peserta didik adalah unik, masing-masing memiliki kemampuan dan karakteristik yang berbeda-beda. Perbedaan-perbedaan tersebut sangat perlu diperhatikan oleh guru dalam melaksanakan dan mengelola pembelajaran. Beragamnya karatekteristik peserta didik tersebut membuat guru harus memiliki cara untuk dapat memahami peserta didik tersebut, karena dengan mengetahui perbedaan tersebut, guru dapat menentukan bagaimana pelakuan yang harus diterapkan pada peserta didik, atau upaya apa saja yang harus diberikan kepada peserta didik. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori belajar humanstik yang dikemukakan oleh Arthur Combs yang menyatakan bahwa belajar terjadi bila mempunya arti bagi individu. Guru tidak bisa memaksakan sesuatu yang tidak disukai atau tidak relevan dengan kehidupan mereka. Untuk mengerti tingkah laku mansuia, yang terpenting adalah mengerti bagaimana dunia ini dilihat dari sudut pandangnya. Pernyataan ini adalah salah satu dari pandangan humanistik mengenai perasaan, persepsi, kepercayaan, dan tujuan tingkah laku inner (dari dalam) yang membuat orang berbeda dengan orang lain. Persepsi, perasaan, keyakinan dan maksud merupakan perilaku-perilaku batinah yang menyebabkan seseorang berbeda dengan yang lain. Agar dapat memahami orang lain, seseorang harus melihat dunia orang lain tersebut, bagaimana ia berpikir dan merasa tentang dirinya. Itulah sebabnya mengubah perilaku seseorang harus merubah persepsinya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Informan penelitian berjumlah 18 orang yang terdiri atas guru yang mengajar di SMA Pembangunan Laboratorium UNP, wakil kesiswaan, dan siswa. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data dari Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan) . Hasil penelitian di lapangan mengungkapkan ada empat bentuk upaya yang dilakukan oleh guru dalam memahami perbedaan karakteristik peserta didik, antara lain adalah: 1) Membangun Komunikasi Yang Efektif Dengan Peserta Didik 2) Melakukan Pendekatan 3) Melakukan Pengamatan Terhadap Peserta Didik Saat Proses Pembelajaran 4) Mengenal Siswa Dengan Baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Guru, Perbedaan, Karakteristik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 29 Apr 2025 07:43
Last Modified: 29 Apr 2025 07:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9015

Actions (login required)

View Item
View Item