Nursyahira, Visca (2013) Pengembangan Modul Dilengkapi Mind Map dan Catatan Kaki tentang Materi Protista untuk Siswa SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_VISCA_NURSYAHIRA_96867_6123_2013.pdf [thumbnail of B1_3_VISCA_NURSYAHIRA_96867_6123_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_VISCA_NURSYAHIRA_96867_6123_2013.pdf
Download (5MB)
Abstract
Dalam proses pendidikan, peranan guru sangat dibutuhkan oleh siswa guna mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh guru, salah satunya adalah mengembangkan bahan ajar yang menarik dan mudah dipahami siswa. Bahan ajar yang digunakan di sekolah masih terdapat kelemahan dan kurang membantu siswa dalam memahami materi biologi. Oleh karena itu, dikembangkan bahan ajar berupa modul dilengkapi mind map dan catatan kaki. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan dan mengetahui validitas dan praktikalitas modul dilengkapi mind map dan catatan kaki tentang materi Protista untuk siswa SMA yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan 3 tahap dari model 4D yaitu define, design, dan develop. Tahap define meliputi analisis awal akhir, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Pada tahap design dilakukan perancangan modul dilengkapi mind map dan catatan kaki. Pada tahap develop dilakukan validasi modul oleh 6 orang validator dan uji praktikalitas oleh 2 orang guru dan 20 orang siswa Kelas X SMAN 3 Pariaman. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas. Data dianalisis dengan analisis deskriptif menggunakan rumus persentase. Dari penelitian ini, dihasilkan bahan ajar berupa modul dilengkapi mind map dan catatan kaki tentang materi Protista untuk siswa SMA. Hasil validitas diperoleh nilai sebesar 88,82% dengan kriteria valid. Hasil uji praktikalitas modul dilengkapi mind map dan catatan kaki oleh guru memiliki nilai rata-rata 92,2% dengan kriteria sangat praktis, sedangkan hasil uji praktikalitas oleh siswa memiliki nilai rata-rata 85,8% dengan kriteria praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul dilengkapi mind map dan catatan kaki tentang materi Protista untuk siswa SMA yang dikembangkan memiliki kriteria valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, Mind Map, Catatan Kaki |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 07:41 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 07:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9005 |