Pengembangan Buku IPA Terpadu Berbasis Problem Solving dan Literasi Sains untuk Siswa Kelas VII SMP

Armus, Vioni Kurnia (2015) Pengembangan Buku IPA Terpadu Berbasis Problem Solving dan Literasi Sains untuk Siswa Kelas VII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_VIONI_KURNIA_ARMUS_1101310_2000_2015.pdf] Text
B1_3_VIONI_KURNIA_ARMUS_1101310_2000_2015.pdf

Download (9MB)

Abstract

Proses pembelajaran IPA pada Kurikulum 2013 menuntut siswa untuk mengembangkan keterampilan proses sains, salah satunya problem solving. Proses pembelajaran tidak terlepas dari peranan bahan ajar, salah satunya adalah buku. Buku IPA Terpadu yang tersedia di sekolah hanya buku dari Kemendikbud 2013 yang belum semua bab atau materinya melatihkan problem solving. Penyajian materi pada buku IPA belum mengarahkan siswa untuk memahami pengetahuan dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari (literasi sains). Oleh sebab itu, dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan produk berupa buku IPA Terpadu berbasis problem solving dan literasi sains untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (design research) menggunakan model penelitian pengembangan Plomp. Penelitian ini menggunakan empat fase dari model Plomp yaitu: fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi/kontruksi, fase tes, evaluasi dan revisi. Pada fase tes, evaluasi, dan revisi dilakukan uji validitas oleh 5 orang validator dan uji praktikalitas oleh 2 orang guru dan 30 orang siswa kelas VII C SMP Negeri 8 Padang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa buku IPA berbasis problem solving dan literasi sains untuk siswa kelas VII SMP. Hasil uji validitas dengan kriteria valid dari segi kelayakkan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan. Hasil uji praktikalitas oleh guru dengan kriteria praktis sedangkan hasil uji praktikalitas oleh siswa dengan kriteria sangat praktis dari segi kemudahan penggunaan, waktu pembelajaran dan manfaat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku IPA yang dikembangkan memiliki kriteria valid dan sangat praktis digunakan untuk siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Solving, Literasi Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 29 Apr 2025 07:38
Last Modified: 29 Apr 2025 07:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8996

Actions (login required)

View Item
View Item