Saputra, Robi (2017) Pengembangan Media Animasi Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Jurusan Teknik Bangunan Di Smk N 1 Tanjung Raya. Bachelor/Skripsi thesis, Pendidikan Teknik Bangunan.
![B1_01_ROBI_SAPUTRA_1101879_4195_2017.pdf [thumbnail of B1_01_ROBI_SAPUTRA_1101879_4195_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_ROBI_SAPUTRA_1101879_4195_2017.pdf
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemakaian media yang bervariasi pada proses pembelajaran mata pelajaran Gambar Teknik, sehingga siswa kurang termotivasi dan menimbulkan kejenuhan saat belajar. Permasalahan ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran animasi dalam bentuk multimedia interaktif PowerPoint yang valid dan praktis, sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (research and development). Tahap pengembangan media pembelajaran menggunakan model 4D yang merupakan singkatan dari Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) and Dissemination (Penyebaran). Pada penelitian ini tahap pengembangan hanya dibatasi sampai Development (Pengembangan). Subjek penelitian adalah siswa Jurusan Teknik Bangunan (TB) SMK N 1 Tanjung Raya Semester 2 Kelas X, sedangkan objek penelitian yaitu media pembelajaran dengan animasi untuk mata pelajaran Gambar Teknik. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media animasi mata pelajaran Gambar Teknik yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria kualitas media yang baik. Untuk aspek kualitas desain media, Validator 1 memberikan skor 91,11% atau dalam kategori Sangat Baik tingkat kevalidannya. Untuk penilaian materi media pembelajaran, Validator 2 memberikan skor 100% dan Validator 3 memberikan skor 97,50% yang berarti keduanya dalam kategori Sangat Baik tingkat kevalidannya. Untuk aspek praktikalitas media berdasarkan penilaian oleh guru diperoleh skor 84,80% dengan kategori Baik tingkat kepraktisannya. Adapun dari hasil uji coba oleh siswa untuk aspek praktikalitas ini, diperoleh skor 82,88% untuk uji coba pada kelompok kecil, 85,37% untuk uji coba pada kelompok sedang dan 83,01% untuk uji coba pada kelompok besar, atau dengan kata lain media dinyatakan praktis dalam kategori Baik oleh setiap kelompok uji coba.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian dan Pengembangan, Media Animasi, Gambar Teknik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 03:46 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 03:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/898 |