Novita, Vinda Rizki (2016) Pengembangan Modul Bernuansa Spiritual pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_VINDA_RIZKI_NOVITA_1205569_3207_2016.pdf [thumbnail of B1_3_VINDA_RIZKI_NOVITA_1205569_3207_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_VINDA_RIZKI_NOVITA_1205569_3207_2016.pdf
Download (12MB)
Abstract
Pendidikan di Indonesia selama ini terlalu menekankan arti penting dari kecerdasan intelektual saja dan mengesampingkan kecerdasan emosional serta kecerdasan spiritual. Hal ini dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya kemerosotan moral. Salah satu cara dapat dilakukan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran, maka diperlukan bahan ajar tertulis berupa modul yang mengintegrasikan potensi spiritual peserta didik. Modul yang dikembangkan diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar serta menanamkan dan meningkatkan nilai-nilai spiritual dalam kehidupan peserta didik. Oleh karena itu dilakukan penelitian bertujuan menghasilkan modul bernuansa spiritual pada materi sistem pencernaan manusia untuk peserta didik kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan tiga tahap dari model 4-D, terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap desain (design), dan tahap pengembangan (develop). Subjek penelitian terdiri dari 5 orang validator, uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru dan 32 orang peserta didik kelas VIII SMPN 22 Padang. Sedangkan objek penelitian adalah modul bernuansa spiritual pada materi sistem pencernaan manusia. Data penelitian merupakan data primer diperoleh dari data hasil uji angket validitas dan angket praktikalitas, kemudian dilakukan analisis kualitatif dalam bentuk deskriptif. Dari penelitian yang telah dilakukan, hasil uji validitas modul bernuansa spiritual menunjukkan nilai rata-rata 83,21% dengan kriteria valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru menunjukkan nilai rata-rata 85,42% dengan kriteria praktis, sedangkan hasil uji praktikalitas oleh peserta didik menunjukkan nilai rata-rata 87,27% dengan kriteria praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan modul bernuansa spiritual pada materi sistem pencernaan manusia untuk peserta didik kelas VIII SMP yang valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, Sistem Pencernaan Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 07:31 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 07:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8972 |