Pengembangan Modul Biologi Berorientasi Pendekatan Proses Menggunakan Gambar tentang Materi Sistem Pernapasan Manusia untuk Siswa SMP

Yulianda, Vilza (2013) Pengembangan Modul Biologi Berorientasi Pendekatan Proses Menggunakan Gambar tentang Materi Sistem Pernapasan Manusia untuk Siswa SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_VILZA_YULIANDA_96850_5909_2013.pdf] Text
B1_3_VILZA_YULIANDA_96850_5909_2013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan berjalan efektif karena interaksi yang baik antara guru dan siswa dalam pembelajaran. Guru harus mampu menumbuhkan minat belajar siswa dengan menciptakan media yang menarik. Kendala pada bahan ajar yang digunakan di SMPN 11 Padang, diantaranya: buku teks belum memiliki gambar yang menunjang pemahaman siswa tentang materi yang bersifat proses, gambar tidak berwarna, belum adanya latihan yang menekankan atau memperkuat pemahaman terhadap proses. Jadi, perlunya pendekatan proses untuk materi yang bersifat proses. Selain itu, pendekatan proses dapat dibantu dengan gambar yang berwarna sehingga menarik minat belajar siswa. Berdasarkan hal itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan modul biologi berorientasi pendekatan proses menggunakan gambar tentang materi sistem pernapasan untuk siswa SMP yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan 3 tahap dari 4D-Models yaitu: define, design dan develop. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh 5 orang validator, yaitu 3 orang dosen dan 2 orang guru dan diuji praktikalitas oleh 2 orang guru dan 28 siswa SMPN 11 Padang. Data penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas. Data dianalisis dengan analisis deskriptif menggunakan rumus presentase. Penelitian menghasilkan modul biologi berorientasi pendekatan proses menggunakan gambar. Modul biologi berorientasi pendekatan proses menggunakan gambar memiliki nilai validitas sebesar 87,40% dengan kriteria valid. Modul yang dihasilkan juga memiliki rata-rata nilai praktikalitas guru sebesar 86,62% dengan kriteria praktis dan oleh siswa sebesar 87,31% dengan kriteria praktis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul, Sistem Pernapasan Manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 29 Apr 2025 07:30
Last Modified: 29 Apr 2025 07:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8967

Actions (login required)

View Item
View Item