Pengaruh Penggunaan Metode Kooperatif Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI SD Negeri 01 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung.

Denalia, Vikha (2014) Pengaruh Penggunaan Metode Kooperatif Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI SD Negeri 01 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_VIKHA_DENALIA_95967_1846_2014.pdf] Text
B1_3_VIKHA_DENALIA_95967_1846_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kurangnya peran aktif siswa dalam pembelajaran menyebabkan pembelajaran tidak menarik bagi siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan penyempurnaan dari metode pembelajaran yang mampu mengaktifkan serta mendidik siswa belajar mandiri. Salah satunya metode pembelajaran tersebut adalah dengan menggunakan Metode Kooperatif Reciprocal Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode Kooperatif Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VI SD Negeri 01 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat quasy exsperiment. Teknik penarikan sampel adalah keseluruhan dari anggota populasi (total sampling). Siswa kelas VI.B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VI.A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal. Alat pengumpul data digunakan lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Jenis data berupa hasil belajar siswa dan sumber datanya adalah siswa. Data diolah dengan uji perbedaan (t-Test). Berdasarkan analisis hasil belajar, diperoleh nilai rata–rata siswa kelas VI.B yang menggunakan Metode Kooperatif Reciprocal Teaching yaitu 74,05 dan nilai rata-rata siswa kelas VI.A yang menggunakan metode konvensional (ceramah) yaitu 67,58. Dari perhitungan uji perbedaan (t-Test) didapat t 2,1213 sedangkan t tabel pada taraf nyata 0,05 adalah 2,000. Dengan demikian t (2,1213 > 2,000). Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan Metode Kooperatif Reciprocal Teaching dapat berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPS Kelas VI SD Negeri 01 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reciprocal Teaching, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 29 Apr 2025 07:29
Last Modified: 29 Apr 2025 07:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8963

Actions (login required)

View Item
View Item