Rahmi, Vika Yunalia (2021) Analisis Kesulitan Belajar dalam Jaringan (Daring) pada Mata Pelajaran Biologi yang Dialami Peserta Didik Kelas X di Beberapa SMAN di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_VIKA_YUNALIA_RAHMI_17031049_5553_2021.pdf [thumbnail of B1_3_VIKA_YUNALIA_RAHMI_17031049_5553_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_VIKA_YUNALIA_RAHMI_17031049_5553_2021.pdf
Download (6MB)
Abstract
Observasi peneliti melalui lembar wawancara dengan guru biologi yaitu ibu Nova Irianti, S.Pd. dan 28 peserta didik kelas X MIPA 1 saat melaksanakan program pengalaman lapangan (PPL) di SMAN 13 Padang, peserta didik mengeluhkan mengenai pembelajaran daring dimulai dari jaringan internet yang tidak stabil serta kuota internet yang terbatas. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian mengenai analisis kesulitan belajar dalam jaringan (daring) pada mata pelajaran biologi yang dialami peserta didik kelas X di beberapa SMAN di Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesulitan belajar dalam jaringan (daring) pada mata pelajaran biologi yang dialami peserta didik kelas X di beberapa SMAN di Kota Padang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas X MIPA Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan di SMAN 11, 13, 15 dan 16 Padang. Penelitian ini memiliki populasi yaitu semua peserta didik kelas X MIPA di SMAN 11, 13, 15 dan 16 Padang tahun ajaran 2020/2021. Peneliti menentukan sampel dengan cara simple random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket yang memiliki 25 pernyataan yang telah divalidasi oleh validator. Data dianalisis dengan Statistik deskriptif (Analisis Persentase). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar dalam jaringan (daring) pada mata pelajaran biologi yang dialami peserta didik kelas X di beberapa SMAN di Kota Padang memiliki indeks rata-rata sebesar 69,52% dengan kriteria tidak sulit.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Daring, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 07:29 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 07:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8961 |