Perbedaan Penggunaan Media PowerPoint dalam Meningkatkan Partisipasi Peserta Wirid Remaja di Kelurahan Air Tawar Timur

Sari, Putri Nopita (2018) Perbedaan Penggunaan Media PowerPoint dalam Meningkatkan Partisipasi Peserta Wirid Remaja di Kelurahan Air Tawar Timur. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_PUTRI_NOVITA_SARI_1304824_606_2018.pdf] Text
B1_04_PUTRI_NOVITA_SARI_1304824_606_2018.pdf

Download (183kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai permasalahan yang menunjukkan bahwa masih rendahnya partsipasi remaja dalam mengikuti pembelajaran pada kegiatan wirid remaja yang diadakan setiap minggunya di Kelurahan Air Tawar Timur. Hal ini diduga dipengaruhi oleh masih kurangnya penggunaan media yang digunakan pada mesjid di Kelurahan Air Tawar Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang perbedaan penggunaan media powerpoint dalam meningkatkan partisipasi peserta wirid remaja di Kelurahan Air Tawar Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan jenis quasi eksperimen dengan jenis the one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh remaja yang ada pada salah satu masjid di Kelurahan Air Tawar Timur yang terdiri dari empat puluh orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling sehingga didapatkan responden berjumlah dua puluh orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa kedua variabel memiliki selisih perbedaan yang cukup signifikan. Analisis data penelitian menggunakan rumus t-test. Hasil analisis data menunjukkan 1) dari hasil uji hipotesis didapat bahwa penggunaan media powerpoint pada pelaksanaan wirid remaja dapat meningkatkan patrisipasi peserta didik terlihat pada minggu ketiga dan keempat setelah diberikan media powerpoint keaktifan mereka semakin meningkat sehingga media powerpoint efektif untuk dilaksanakan dalam kegiatan wirid remaja dalam meningkatkan partisipasi. 2) Adanya peningkatan partisipasi belajar peserta didik saat penggunaan media powerpoint dalam pembelajaran. 3) Adanya selisih peningkatan kelompok pretest kepada kelompok posttest yang cukup signifikan. Sehingga kegiatan ini dapat dikatakan efektif saat menggunakan media power point.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Powerpoint, dan Partisipasi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 29 Apr 2025 05:15
Last Modified: 29 Apr 2025 05:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8941

Actions (login required)

View Item
View Item