Sing the Actor Game to Teach Writing Descriptive Text to Junior High School Students

‘Arifah, Khairatul (2011) Sing the Actor Game to Teach Writing Descriptive Text to Junior High School Students. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_KHAIRATUL_ARIFAH_77144_5855_2011.pdf] Text
B1_KHAIRATUL_ARIFAH_77144_5855_2011.pdf

Download (788kB)

Abstract

Makalah ini menggunakan metode kajian perpustakaan yang khususnya dalam bidang atau skil menulis. Namun, metode ini lebih dititik beratkan pada permainan. Hal ini penulis bahas dikarenakan kendala dalam pengajaran dalam bidang menulis sedikit mengalami kendala yang cukup berpengaruh terhadap pemahaman siswa. Kendalanya adalah cara pengajaran yang monoton. Pengajaran lebih memfokuskan pada teori / buku dari awal hingga akhir pelajaran. Kondisi ini membuat siswa tidak fokus lagi untuk belajar karena tidak ada ice breakingnya sedikit pun. Maka, penulis memilih permainan untuk dapat membuat siswa menjadi semakin senang belajar bahasa Inggris khususnya dalam skil menulis. Salah satu cara pengajaran yang penulis pilih yaitu melalui sebuah permainan yang dinamakan the Actor Game. Kegiatan yang dilakukan dalam permainan ini adalah guru akan membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setelah itu, guru memilih salah satu siswa yang akan memerankan sebagai the Actor di depan kelas. Guru akan memperlihatkan kepada the Actor gambar atau foto dari berbagai artis yang tentunya akrab oleh anak zaman sekarang. Kemudian, the Actor akan memperagakan seolah-olah dia adalah artis tersebut. Jika artis seorang penyanyi, maka the Actor akan menyanyikan sedikit lirik lagunya. Bagi peserta atau kelompok yang berhasil menjawab dengan benar mendapatkan nilai 10. Setelah berhasil menjawab, kelompok tadi akan mendapatkan gambar tersebut dan diinstruksikan untuk membuat sebuah paragraf yang mendeskripsikan tentang artis tersebut atau membuat teks deskriptif. Bagi yang berhasil menebak dan menjawab dengan benar apa yang the Actor maksud, serta pendeskripsian yang benar akan menjadi pemenang. Penerapan the Actor Game yang menyenangkan dan lebih kepada student- centred, khususnya pada siswa kelas VII, diharapkan bisa meningkatkan kemampuan dan motivasi belajar siswa, terutama dalam bidang menulis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Metode kajian perpustakaan, Pengajaran menulis
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 29 Apr 2025 05:15
Last Modified: 29 Apr 2025 05:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8940

Actions (login required)

View Item
View Item