Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri 1 Batusangkar.

Suari, Vicky Hariva (2020) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri 1 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_VICKY_HARIVA_SUARI_1300223_817_2020.pdf] Text
B1_3_VICKY_HARIVA_SUARI_1300223_817_2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 1 Batusangkar, ditemukan fenomena bahwa nilai sebagian siswa kelas VII pada mata pelajaran IPA belum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Hal ini diakibatkan oleh kurangnya keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Proses pembelajaran konvensional yang terjadi lebih bersifat satu arah. Pendidik cenderung berceramah sehingga kurang memperhatikan situasi peserta didik yang sebagian besar peserta didik hanya mendengarkan materi yang diberikan, sehingga tidak terjadinya konfirmasi atau hubungan timbal balik antara pendidik dan peserta didik. Strategi pembelajaran Inquiry bisa diterapkan oleh guru karena kegiatan pembelajaran sepenuhnya melibatkan kemampuan peserta didik dalam menyerap pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP Negeri 1 Batusangkar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berbentuk Quasy Ekperimen. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan Strategi Pembelajaran Inquiry pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Batusangkar. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling, kelas VII sebagai eksperimen dan siswa kelas VII sebagai kelas kontrol. Data diambil dari hasil belajar IPA dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar berupa soal 4 objektif sebanyak 40 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t, sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang menerapkan Strategi Pembelajaran Inquiry adalah sebesar 81,75 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional, yaitu hanya 74,38. Perhitungan uji t (t-test) diperoleh t i hitung >t yaitu 2,86 > 1,686 pada taraf signifikansi α 0,05. Dengan demikian penggunaan Strategi tabel Pembelajaran Inquiry berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Batusangkar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Inquiry, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 29 Apr 2025 04:49
Last Modified: 29 Apr 2025 04:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8923

Actions (login required)

View Item
View Item