Ningsih, Tri Zahra (2016) Pengembangan Instrumen Penilaian Portofolio untuk Menilai Keterampilan Siswa dalam Menggunakan dan Menganalisis Sumber Sejarah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_TRI_ ZAHRA_NINGSIH_1201703_5759_2016.pdf [thumbnail of B1_2_TRI_ ZAHRA_NINGSIH_1201703_5759_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_TRI_ ZAHRA_NINGSIH_1201703_5759_2016.pdf
Download (9MB)
Abstract
Keterampilan menggunakan dan menganalisis sumber sejarah merupakan salah satu aspek keterampilan berpikir historis. Keterampilan berpikir historis merupakan salah satu aspek yang perlu dinilai oleh guru. Penilaian keterampilan menggunakan dan menganalisis sumber sejarah dapat dilakukan melalui teknik penilaian berbasis portofolio. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kelayakan dan kepraktisan instrumen portofolio digunakan dalam menilai keterampilan menggunakan dan menganalisis sumber sejarah Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek uji coba penelitian terdiri dari (1) 2 orang ahli untuk uji validasi yakni ahli materi dan ahli instrumen penilaian, (2) 4 orang guru Mata Pelajaran Sejarah untuk melakukan uji praktikalitas instrumen, (3) 35 orang siswa SMA Negeri 1 Bukittinggi pada tahap uji coba terbatas, dan (4) 67 orang siswa SMA Negeri 1 Bukittinggi pada tahap uji coba diperluas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari perangkat soal, lembar kegiatan wawancara dan lembar angket. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif melalui program Quest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) instrumen penilaian portofolio dinilai layak dimanfaatkan oleh guru Mata Pelajaran Sejarah Untuk menilai keterampilan siswa dalam menggunakan dan menganalisis sumber sejarah (2) tingkat kepraktisan instrumen penilaian portofolio dinilai cukup praktis untuk dapat digunakan dalam menilai keterampilan siswa dalam menggunakan dan menganalisis sumber sejarah. Dengan demikian, instrumen penilaian portofolio untuk menilai keterampilan menggunakan dan menganalisis sumber sejarah yang dihasilkan dinyatakan layak dan dapat dimanfaatkan oleh guru Mata Pelajaran Sejarah dalam melakukan penilaian dalam pembelajaran sejarah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian Portofolio, Berpikir Historis, Program Quest |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 04:49 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 04:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8922 |