Mardaningsih, Mardaningsih (2012) Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Cerita Melalui Media Video pada Anak Berkesulitan Belajar: Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah Inklusi SDN 02 Kelas IV Kampung Manggis Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_MARDANINGSIH_58474_2523_2012.pdf [thumbnail of B1_2_MARDANINGSIH_58474_2523_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_MARDANINGSIH_58474_2523_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah dimana anak berkesulitan berlajar kelas IV
mengalami kesulitan dalam memahami isi cerita pada pelajaran Bahasa Indonesia,
selama ini usaha yang dilakukan guru dalam membelajarkan anak menggunakan metode
ceramah, Tanya jawab, dan latihan namun ternyata usaha guru belum mendatangkan
hasil yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan
memahami isi cerita melalui media video di kelas IV SDN 02 Kampung Manggis
Padang Panjang. Metodelogi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom
action research) yang dilakukan dalam bentuk berkolaborasi. Tindakan ini dilakukan
kepada lima orang anak yang menjadi subjek penelitian yaitu anak berkesulitan belajar
kelas IV SDN 02 Kampung Manggis Padang Panjang.
Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I yang dilaksanakan sebanyak enam kali
pertemuan dalam proses pembelajaran yang dimulai dari anak memperhatikan video,
mendengarkan, menyimak, melengkapi isi cerita dan menjawab pertanyaan seputar
cerita. Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa diakhir siklus I dapat dilihat AC
mendapatkan nilai 50%, AD mendapat nilai 50%, RA mendapat nilai 60%, RF
mendapat nilai 60%, dan TH mendapat nilai 60%. Pada siklus ke II dilakukan lima kali
proses pembelajaran memahami isi cerita dimana AC memperoleh nilai 70%, AD
memperoleh nilai 80%, RA memperoleh nilai 80%, RF memperoleh nilai 70%, TH
memperoleh nilai 70% pada pelaksanaan siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media video dapat
digunakan untuk meningkatkan kemampuan memahami isi cerita bagi anak berkesulitan
belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 03:52 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 03:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8885 |