Pengaruh Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori – Ekologi Terhadap Peningkatan Perkembangan Kognitif dan Sosial Pada Anak Usia Dini di Kota Padang.

Helena, Helena (2020) Pengaruh Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori – Ekologi Terhadap Peningkatan Perkembangan Kognitif dan Sosial Pada Anak Usia Dini di Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_HELENA_17330023_2580_2020.pdf] Text
B1_1_HELENA_17330023_2580_2020.pdf

Download (999kB)

Abstract

Pendekatan pembelajaran yang digunakan belum memperhatikan prinsipprinsip
belajar yang terdapat pada teori-teori belajar yang sesuai dengan
perkembangan peserta didik. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan bagi
perkembangan kognitif dan sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
pengaruh Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori – Ekologi Terhadap
Peningkatan Perkembangan Kognitif Dan Sosial Pada Anak Usia Dini. Penelitian
ini menggunakan eksperimen faktorial 2 x 2. Kelompok yang dijadikan sampel
dalam penelitian ini adalah kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Kelompok eksperimen diajar dengan mengunakan metode PSB MUGI, sedangkan
kelompok kontrol diajar dengan menggunakan metode Inkuiri. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah berupa instrument observasi. Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisa varian (ANAVA).
Temuan penelitian ini secara rata-rata dan signifikan menunjukkan bahwa
perkembangan kognitif dan sosial anak usia dini berbeda setelah diberikan model
PSB Mugi dan Inkuiri. Model PSB Mugi lebih efektif dalam mengoptimalkan
perkembangan anak, terutama pada perkembangan sosial. Secara keseluruhan
tingkat perkembangan kognitif dan sosial anak usia dini dengan menggunakan
model PSB Mugi memberikan kontribusi dan dampak positif pencapaian
peningkatan perkembangan kognitif yang mana sebelum diterapkan model PSB
Mugi perkembangan kognitif dan sosial anak berada pada kategori rendah dan
setelah diterapkan model PSB Mugi tingkat perkembangan kognitif dan sosial
anak usia dini meningkat atau berada pada kategori tinggi

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Guru PAUD-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 29 Apr 2025 03:52
Last Modified: 29 Apr 2025 03:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8882

Actions (login required)

View Item
View Item