Gambaran Kreatifitas Mahasiswa Sejarah Angkatan 2012 pada Mata Perkuliahan Sejarah Pergerakan Kebangsaan Indonesia di Universitas Negeri Padang

Jhoni, Manisshe Agustiati (2015) Gambaran Kreatifitas Mahasiswa Sejarah Angkatan 2012 pada Mata Perkuliahan Sejarah Pergerakan Kebangsaan Indonesia di Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_MANISSHE_AGUSTIATI_JHONI_55208_974_2015.pdf] Text
B1_2_MANISSHE_AGUSTIATI_JHONI_55208_974_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kreatifitas belajar yang dilakukan oleh mahasiswa telah diatur secara
nasional dalam UU No. 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi pasal 5, akan
tetapi kreatifitas belajar mahasiswa pada mata perkuliahan Sejarah Pergerakan
Kebangsaan Indonesia relatif berbeda dengan itu, sehingga menarik untuk dikaji
lebih jauh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengambarkan seberapa jauh
kreatifitas belajar mahasiswa sejarah.
Penelitian ini termasuk jenis kualitatif tipe studi evaluatif. Data yang
dikumpulkan beberapa kreatifitas belajar mahasiswa dalam perkuliahan Sejarah
Pergerakan Kebangsaan Indonesia. Pengumpulan data menggunakan teknik
pengamatan, wawancara dan informasi dari dosen yang mengajar mata
perkuliahan yang bersangkutan. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan
mengambil hasil kesimpulan berdasarkan pengamatan dan wawancara yang
dilakukan dengan mahasiswa di tambah informasi yang diberikan oleh dosen yang
memimpin perkuliahan. Informan penelitian adalah mahasiswa angkatan 2012 dan
dosen yang memimpin mata perkuliahan Sejarah Pergerakan Kebangsaan
Indonesia di Universitas Negeri Padang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreatifitas belajar mahasiswa sejarah
angkatan 2012 di Universitas Negeri Padang, belum sepenuhnya sesuai dengan
standar UU No. 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi pasal 5. Mahasiswa
belum sepenuhnya memenuhi kategori indikator dari kreatifitas belajar seperti
dalam hal rasa ingin tahu yang luas dan mendalam, sering mengajukan pertanyaan
yang baik, memberikan banyak gagasan/usul, menonjol dalam satu bidang,
mampu melihat suatu masalah dari berbabagai sudut pandang, mempunyai daya
imajinasi dan orisinal dalam ungkapan gagasan dan dalam pemecahan masalah.
Adapun hal ini disebabkan oleh faktor dari mahasiswa itu sendiri dan dosen.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diampil kesimpulan bahwa
gambaran kreatifitas belajar mahasiswa terhadap mata perkuliahan Sejarah
Pergerakan Kebangsaan Indonesia di Universitas Negeri Padang belum terlaksana
sepenuhnya, sebagaimana yang telah ditetapkan pada UU No. 12 tahun 2012
tentang pendidikan tinggi pasal 5.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 29 Apr 2025 03:49
Last Modified: 29 Apr 2025 03:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8878

Actions (login required)

View Item
View Item