Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru Bahasa Inggris SMA Negeri di Kabupaten Pesisir Selatan

Hasniyeti, Hasniyeti (2012) Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru Bahasa Inggris SMA Negeri di Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_HASNIYETI_19668_100_2013.pdf] Text
B1_1_HASNIYETI_19668_100_2013.pdf

Download (372kB)

Abstract

Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini terlihat bahwa ada
sebahagian guru bahasa Inggris belum menggunakan perangkat mengajar yang
baik dalam proses belajar mengajar, masih ada sebahagian guru bahasa Inggris
yang kurang menguasai materi pembelajaran, karena kurangnya kemampuan
mendengar, berbicara, menulis dan kurang menguasai kosa kata. Tujuan
penelitian ini adalah 1) kontribusi kecerdasan emosional terhadap kinerja guru
bahasa Inggris SMA Negeri di Kabupaten Pesisir Selatan, 2) kontribusi
kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru bahasa Inggris SMA Negeri di
Kabupaten Pesisir Selatan, 3) kontribusi kecerdasan emosional dan kompetensi
profesional guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru bahasa Inggris SMA
Negeri di Kabupaten Pesisir Selatan
Populasi penelitian guru bahasa Inggris SMA Negeri di Kabupaten Pesisir
Selatan. Sampel 46 orang guru yang terpilih melalui teknik stratified
proportional random sampling. Penelitian analisis model skala Likert yang telah
diuji validitas dan realibilitasnya. Data ini dianalisis secara statistik menggunakan
teknik korelasi dan regresi menggunakan program SPSS Versi 17
Hasil analisis data menunjukan bahwa 1) Kecerdasan emosional guru
berkontribusi terhadap kinerja guru bahasa Inggris SMA Negeri di Kabupaten
Pesisir Selatan dengan besaran kontribusi sebesar 16,1%. Analisis data
mengendalikan diri, memotivasi diri, membina hubungan dengan siswa dengan
kategori cukup, 2) Kompetensi profesional guru bahasa Inggris berkontribusi
terhadap kinerja guru bahasa Inggris SMA Negeri di Kabupaten Pesisir Selatan
dengan besaran sebesar 13,5%. Analisis data dilihat dari aspek kemampuan
mengembangkan materi pembelajaran, kemampuan menyusun metode dan
program pembelajaran, kemampuan melaksanakan program pembelajaran dengan
kategori cukup, sedangkan mengelola landasan kependidikan dan kemampuan
menilai proses pembelajaran termasuk kategori baik, 3) Kecerdasan emosional
dan kompetensi profesional guru bahasa Inggris secara bersama-sama
berkontribusi terhadap kinerja guru bahasa Inggris SMA Negeri di Kabupaten
Pesisir Selatan sebesar 23,8%. Hal ini menjelaskan bahwa untuk meningkatkan
kinerja guru bahasa Inggris yang baik dan ideal sebaiknya dilakukan melalui
peningkatan kecerdasan emosional dan kompetensi profesional guru bahasa
Inggris.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 29 Apr 2025 03:48
Last Modified: 29 Apr 2025 03:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8873

Actions (login required)

View Item
View Item