Leni Anggia, Leni (2011) Analisis Konjoin dalam Menentukan Tingkat Kesukaan Konsumen terhadap Kualitas Pelayanan pada Minimarket Yossie Air Tawar Padang. Diploma/Proyek Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_LENI ANGGIA-00353-2011.pdf [thumbnail of B1_LENI ANGGIA-00353-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_LENI ANGGIA-00353-2011.pdf
Download (442kB)
Abstract
Perkembangan ekonomi membuat perusahaan-perusahaan terus berupaya menghasilkan produk baru untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Upaya-upaya tersebut membuat tumbuhnya berbagai Industri. Kota Padang, sebagai Ibukota Provinsi Sumatera Barat, tidak dapat terlepas dari perkembangan ekonomi. Industri besar sampai industri kecil tersebar di Kota Padang baik di sektor barang maupun jasa. Hal tersebut merupakan salah satu penyebab banyak ditemukannya minimarket di Kota Padang. Dengan banyak berdirinya minimarket, maka dengan sendirinya akan menimbulkan persaingan terutama dalam memberikan kepuasan kepada para pelanggan. Salah satu minimarket yang ada di Kota Padang adalah Minimarket Yossie. Dalam memberikan kepuasan kepada para pelanggan, perlu dilakukan riset pemasaran untuk mengetahui pelayanan seperti apa yang lebih disukai oleh konsumen/pelanggan. Salah satu cara yang digunakan untuk mengetahui tentang kesukaan konsumen terhadap suatu produk atau jasa adalah dengan analisis Konjoin. Analisis Konjoin merupakan teknik multivariat yang digunakan untuk menentukan atau memahami bagaimana responden membentuk keputusan pada sebuah produk atau pelayanan berdasarkan pada persyaratan sederhana yang dinilai melalui utilitas konsumen tentang suatu produk atau jasa atau ide yang dikombinasikan dari beberapa karakteristik atribut. Dimensi kualitas pelayanan yang akan dijadikan atribut dengan masing-masing levelnya adalah produk (makanan dan minuman, kosmetik, kebutuhan rumah tangga), karyawan (cepat dan tepat, ramah dan menarik, berwawasan luas) dan fasilitas pelengkap yang disediakan minimarket (tempat parkir, keranjang barang, atmosfer toko). Hasil penelitian dengan analisis Konjoin.menunjukan bahwa yang menjadi atribut yang paling disukai bagi konsumen berbelanja ke minimarket adalah produk dengan kombinasi level dari atribut yang paling disukai pelanggan secara umum yaitu produk makanan dan minuman dengan karyawan yang cepat dan tepat serta menyediakan tempat parkir yang memadai untuk kendaraan pelanggan. Hal ini dapat menjadi strategi pemasaran bagi minimarket, untuk menarik para pelanggan.
Item Type: | Thesis (Diploma/Proyek Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Konjoin, Kualitas Pelayanan, Produk, Karyawan dan Fasilitas Pelengkap Minimarket. |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika-D3 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 04:44 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 04:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8872 |