Lubis, Antoni (2016) Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw dan Ceramah Pada Mata Pelajaran Memahami Dasar-Dasar Elektronika Kelas X TITL SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_ANTONI_LUBIS_2687_06121_2016.pdf [thumbnail of B1_03_ANTONI_LUBIS_2687_06121_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_ANTONI_LUBIS_2687_06121_2016.pdf
Download (6MB)
Abstract
Hasil observasi yang peneliti lakukan di SMKN 1 Padang bahwa terdapat siswa yang nilainya dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). SMKN 1Padang menetapkan KKM 80 dalam rentangan angka 0-100. Persentase hasil belajar siswa kelas X TITL SMKN 1 Padang Semester I tahun ajaran 2013/2014dan tahun ajaran 2014/2015 menunjukkan bahwa persentase siswa yang tuntaslebih sedikit daripada siswa yang tidak tuntas. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan yang sigifikan dari hasil belajar siswa menggunakan metodepem belajaran kooperatif tipe jigsaw dan ceramah pada mata pelajaran MDDE diSMK N 1 Padang.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen, subjek penelitian berjumlah 64 siswa, masing-masing kelas terdiri dari 32 orang. Pada penelitian inikelas X TITL A merupakan kelas eksperimen yang menggunakan metodepem belajaran kooperatif tipe jigsaw dan kelas X TITL B merupakan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 25 butir soal.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan ratarata (uji t). Hasil penelitian di dapatkan bahwa (1) Pengggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan metode ceramah pada mata pelajaran memahami dasar-dasar elektronika pada kelas yang berbeda, yakni kelas X TITLA (jigsaw atau kelas eksperimen) dan kelas X TITL B (ceramah atau kelaskontrol) diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 80,06 sedangkan kelas kontrol 71,02 dan (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw dengan hasil belajaryang menggunakan metode ceramah di kelas X TITL A dan siswa kelas X TITLB di SMK N 1 Padang (thitung ≥ ttabel).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode jigsaw, Metode ceramah, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 03:48 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 03:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8869 |