Hasnawati, Hasnawati (2012) Pengaruh Penggunaan Poster pada Pembelajaran IPA dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 10 dan 11 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_HASNAWATI_10728_385_2013.pdf [thumbnail of B1_1_HASNAWATI_10728_385_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_HASNAWATI_10728_385_2013.pdf
Download (330kB)
Abstract
Berdasarkan survey awal Penelitian mengungkap seberapa besar pengaruh
penggunaan Poster pada pembelajaran IPA dan motivasi belajar terhadap hasil
belajar siswa kelas V SD Negeri 10 dan 11 Nan Sabaris Kabupaten Padang
Pariaman, siswa pada sekolah dasar gugus II Kecamatan Nan Sabaris, Padang
Pariaman. Penelitian ini mengemukakan empat hipotesis. Pertama hasil belajar
kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan Poster lebih tinggi dari pada
kelompok siswa yang belajar dengan Kelas kontrol. Kedua, hasil belajar siswa
dengan motivasi tinggi yang belajar dengan menggunakan Poster lebih tinggi
dibanding dengan hasil belajar siswa dengan motivasi tinggi yang belajar dengan
Kelas Kontrol. Ketiga, hasil belajar kelompok siswa dengan motivasi belajar
rendah yang belajar dengan Poster lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar
kelompok siswa motivasi belajar rendah yang belajar dengan Kelas Kontrol.
Keempat, tidak terdapat interaksi antara penggunaan Poster dengan motivasi
belajar siswa terhadap hasil belajar.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar yang
berada di gugus II Kecamatan Nan Sabaris, Padang Pariaman. Sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 10 Nan Sabaris yang berjumlah 24
orang sebagai Kelas Kontrol dan siswa kelas V SD Negeri 11 Nan Sabaris yang
berjumlah 24 orang sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan
adalah Treatment by Block Design 2 x 2. Data penelitian dikumpulkan dengan
angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Data kemudian dianalisis dengan uji
T dan uji F (anova).
Hasil analisis data menunjukkan bahwa ; 1) hasil belajar kelompok siswa
yang belajar dengan menggunakan Poster lebih tinggi secara signifikan dari pada
hasil belajar siswa yang belajar dengan Kelas Kontrol, 2) hasil belajar siswa
motivasi tinggi yang diajar dengan menggunakan Poster lebih tinggi secara
signifikan dibanding dengan hasil belajar siswa dengan motivasi tinggi yang
belajar dengan Kelas Kontrol, 3) hasil belajar siswa dengan motivasi belajar
rendah yang belajar dengan menggunakan Poster lebih tinggi secara signifikan
dibanding hasil belajar siswa dengan motivasi rendah yang belajar dengan Kelas
Kontrol, 4) tidak terdapat interaksi antara penggunaan Poster dengan motivasi
belajar terhadap hasil belajar.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan Poster dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Penemuan ini mengisyaratkan bahwa
pembelajaran menggunakan Poster merupakan salah satu pembelajaran yang
dapat diterapkan oleh guru dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 03:26 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 03:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8856 |