Defhan, Karina Anastasia (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 30 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_KARINA_ANASTASIA_DEFHAN_72282_2011.pdf [thumbnail of B1_KARINA_ANASTASIA_DEFHAN_72282_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_KARINA_ANASTASIA_DEFHAN_72282_2011.pdf
Download (519kB)
Abstract
Menurut studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 30 Padang, yaitu masih rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada materi pelajaran TIK, buku-buku penujang materi yang tidak lengkap, terbatasnya komputer, model pembelajaran di kelas yang kurang menarik, serta sebagian besar nilai siswa masih dibawah KKM. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi siswa di kelas VIII SMP Negeri 30 Padang. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen guna melihat perbandingan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Padang yang berjumlah 258 orang yang terdiri dari 7 kelas, dan jenis sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII 4 sebagai kelas eksperimen dan VIII 5 sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas tersebut berjumlah 37 orang. Data diperoleh dari hasil tes tertulis mengenai pokok bahasan membuat dokumen pengolah kata sederhana data dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t (t-test), yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 76,15 dan nilai rata-rata kelas kontrol 61,82. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh t hitung 6,67 sedangkan pada taraf kepercayaan α 0,05 t tabel 0,15, sehingga t hitung > t tabel . Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K di kelas VIII SMP Negeri 30 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rendahnya hasil belajar siswa, Materi pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Buku penunjang tidak lengkap |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 03:24 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 03:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8848 |