Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI MAN 3 Pesisir Selatan

Hadi, Vahmil Riffani (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI MAN 3 Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_VAHMIL_RIFFANI_HADI_315031125_3108_2019.pdf] Text
B1_3_VAHMIL_RIFFANI_HADI_315031125_3108_2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran menurut arahan Kurikulum 2013 berdasarkan atas prinsip pembelajaran siswa aktif. MAN 3 Pesisir Selatan sudah menerapkan Kurikulum 2013 namun berdasarkan hasil observasi penulis menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 tidak berjalan seperti yang diharapkan. Permasalahan yang ditemukan adalah model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dominan dengan metode ceramah sehingga membuat peserta didik jenuh dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi Sistem Ekskresi kelas XI MAN 3 Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design dengan populasi seluruh kelas XI di MAN 3 Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, berjumlah dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik saturation sampling, yang terpilih adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil uji t diketahui bahwa pada kompetensi pengetahuan t (2,68>1,67), pada kompetensi sikap t i hitung > t (3,27>1,67) dan pada kompetensi keterampilan t hitung > t tabel tabel (1,89>1,67). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi Sistem Ekskresi di MAN 3 Pesisir Selatan dengan α= 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Picture and Picture, Kompetensi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 29 Apr 2025 03:24
Last Modified: 29 Apr 2025 03:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8845

Actions (login required)

View Item
View Item