Hosen, Hasan Basri (2012) Kontribusi Supervisi dan Iklim Komunikasi terhadap Komitmen Guru Sekolah Dasar Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_HASAN_BASRI_HOSEN_09-51313_733_2013.pdf [thumbnail of B1_1_HASAN_BASRI_HOSEN_09-51313_733_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_HASAN_BASRI_HOSEN_09-51313_733_2013.pdf
Download (227kB)
Abstract
Berdasarkan pra survey di lapangan tergambar bahwa komitmen guru SD
Kecamatan Padang Timur masih kurang baik. Hal ini dikhawatirkan akan
berpengaruh terhadap proses pembelajaran yang dilakukan dan tujuan pendidikan
yang akan dicapai. Selanjutnya, peneliti menduga bahwa supervisi dan iklim
komunikasi mempengaruhi komitmen guru SD Kecamatan Padang Timur. Oleh
karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengungkap kontribusi supervisi dan iklim komunikasi terhadap
komitmen guru SD Kecamatan Padang Timur. Hipotesis yang diajukan dalam
penelitian ini adalah: (1) supervisi berkontribusi terhadap komitmen guru, (2)
iklim sekolah berkontribusi terhadap komitmen guru, (3) supervisi dan iklim
komunikasi secara bersama-sama berkontribusi terhadap komitmen guru.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Kecamatan Padang
Timur yang berstatus Pegawai Negeri Sipil dengan jumlah 101 orang. Sampel
penelitian berjumlah 54 orang yang diambil dengan teknik Stratified proportional
Random Sampling, dengan mempertimbangkan strata tingkat pendidikan dan
masa kerja. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket model Skala
Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian dianalisis
dengan teknik korelasi dan regresi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) supervisi berkontribusi
terhadap komitmen guru sebesar 19,2%, (2) iklim komunikasi berknontribusi
terhadap komitmen guru sebesar 29,5%,(3) supervisi dan iklim komunikasi secara
bersama-sama berkontribusi terhadap komitmen guru sebesar 43,4%. Selanjutnya
hasil analisis deskriptif mengungkap bahwa supervisi dan iklim komunikasi samasama
berada pada kategori baik (80,43% dan 81,19%), sedangkan komitmen guru
berada pada kategori cukup dengan skor 71,58% dari skor ideal.
Penemuan di atas mengimplikasikan bahwa supervisi dan iklim
komunikasi adalah dua faktor yang memiliki pengaruh terhadap komitmen guru,
di samping masih banyak faktor lain yang ikut berpengaruh terhadap komitmen
guru yang tidak dikaji dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 03:18 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 03:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8841 |