Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN 2 Lubuk SikapingTahun Ajaran 2018/2019

Adeviani, Utari (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN 2 Lubuk SikapingTahun Ajaran 2018/2019. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_UTARI_ADEVIANI_14031022_485_2019.pdf] Text
B1_3_UTARI_ADEVIANI_14031022_485_2019.pdf

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan penelitian di SMAN 2 Lubuk Sikaping yaitu peserta didik kesulitan dalam merumuskan masalah, menganalisis dan mencari solusi terhadap permasalahan dalam proses pembelajaran, kompetensi belajar peserta didik masih rendah baik itu dari aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan, tingkat keaktifan dan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran masih rendah, serta model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi dan masih berpusat kepada guru. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran course review horay bermuatan literasi sains di SMAN 2 Lubuk Sikaping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik melalui model course review horay bermuatan literasi sains di SMAN 2 Lubuk Sikaping. Jenis penelitian adalah penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X SMAN 2 Lubuk Sikaping yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 berjumlah tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas X MIPA II dan X MIPA III. Pemilihan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara random dengan kelas X MIPA III terpilih sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian kompetensi pengetahuan peserta didik diperoleh nilai t hitung 3,30> t tabel 1,67, pada kompetensi sikap nilai kelas eksperimen > kontrol dan pada kompetensi keterampilan nilai t hitung 1,81> t tabel 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan model pembelajaran berpengaruh terhadap kompetensi belajar pengetahuan, sikap, keterampilan peserta didik kelas X SMAN 2 Lubuk Sikaping

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif, Course Review Horay, Litersi Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 29 Apr 2025 03:17
Last Modified: 29 Apr 2025 03:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8839

Actions (login required)

View Item
View Item