Nisa, Uswatun (2022) An Analysis of Obstacles Faced by English Teacher and Students During Online Learning at SMA N 11 Solok Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_USWATUN_NISA_17018039_7205_2022.pdf [thumbnail of B1_3_USWATUN_NISA_17018039_7205_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_USWATUN_NISA_17018039_7205_2022.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala yang dialami oleh seorang guru dan siswa terhadap kegiatan belajar mengajar bahasa Inggris online pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 11 Solok Selatan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan kuesioner dan wawancara. Dalam penelitian ini, angket diberikan kepada guru dan siswa dalam bentuk cetakan, sedangkan wawancara dilakukan secara online melalui WhatsApp untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dari responden. Sampel penelitian ini adalah 1 guru bahasa Inggris dan 19 siswa kelas XI dan XII di SMAN 11 Solok Selatan. Guru diberikan 15 pertanyaan, dan siswa 30 pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seorang guru menghadapi beberapa kendala dalam pembelajaran daring, seperti kurangnya penguasaan teknologi, sehingga sulit untuk menciptakan metode pengajaran yang mudah dipahami siswa. Selain itu kendala yang paling dominan adalah jaringan internet yang sering mengalami gangguan. Selain guru, sebagian besar siswa juga menghadapi kendala yang hampir sama mengenai jaringan internet yang buruk sehingga menyulitkan untuk mengikuti pembelajaran bahasa Inggris secara online. Namun, guru dapat mengatasi beberapa kendala tersebut dalam pembelajaran online dengan menyediakan perangkat pembelajaran yang memadai dan juga mempelajari fitur-fitur aplikasi yang diperlukan dalam proses pengajaran bahasa Inggris. Sedangkan siswa mampu mengatasi kendala dengan memiliki kesadaran diri, aktif dalam belajar bahasa Inggris online, menciptakan suasana belajar yang nyaman bagi diri mereka sendiri, mengerjakan dan mengirimkan tugas bahasa Inggris tepat waktu.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hambatan guru, hambatan siswa, pembelajaran online |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 03:14 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 03:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8834 |