Putra, Harwin Wedia (2018) Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Kooperatif TIPE Two Stay Two Stray Kelas V SD. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_HARWIN_WEDIA_PUTRA_1309345_5704_2019.pdf [thumbnail of B1_1_HARWIN_WEDIA_PUTRA_1309345_5704_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_HARWIN_WEDIA_PUTRA_1309345_5704_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil analisis bahan ajar menulis
puisi di kelas V Sekolah Dasar (SD) ditemui beberapa permasalahan tentang
bahan ajar menulis puisi yaitu : bahan ajar yang digunakan belum memuat
tahapan menulis puisi Pramenulis, saatmenulis dan pascamenulis secara utuh serta
bahan ajar belum dikembangkan secara maksimal masih menggunakan bahan ajar
yang beredar di sekolah. Hal tersebut berdampak pada hasil menulis puisi peserta
didik yang tergolong rendah. Oleh karena itu, guru harus mampu mengembangkan
bahan ajar sebagai sarana dalam membantu proses pembelajaran yang dapat
meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik. Tujuan yang hendak
dicapai dalam upaya pengembangan bahan ajar ini adalah menghasilkan bahan
ajar menulis puisi yang valid, praktis dan efektif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini
menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu : tahap pendefinisian
(Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop) dan penyebaran
(Disseminate). Data penelitian uji validitas diperoleh melalui lembar validasi
bahan ajar. Data kepraktisan diperoleh melalui lembar keterlaksanaan RPP,
penilaian respon guru dan penilaian peserta didik. Keefektifan dilihat dari
aktivitas, penilaian proses menulis puisi, dan penilaian hasil menulis puisi.
Berdasarkan uji validitas diperoleh tingkat validitas bahan ajar memiliki
kategori sangat valid. Hasil validasi diperoleh dari tiga orang validator ahli
dengan melihat aspek isi,bahasa, penyajian dan kegrafikan. Berdasarkan hasil uji
coba diketahui bahwa tingkat praktikalitas berada pada kategori sangat praktis.
Hal ini dilihat dari keterlaksanaan RPP, respon guru dan peserta didik.
Selanjutnya dari hasil aktivitas peserta didik, penilaian proses menulis puisi, dan
penilaian hasil menulis puisi, Bahan ajar yang dikembangakan dapat dikatakan
sudah efektif dalam penggunaannya dalam proses pembelajaran. Berdasarkan
hasil tersebut, dapat disimpulkan bahan ajar menulis puisi menggunakan Two
Stay Two Stray di kelas V Sekolah Dasar yang dikembangkan dapat dinyatakan
valid, praktis dan efektif karena sudah memenuhi indikator kevalidan yang telah
divalidasi oleh validator, memenuhi indikator kepraktisan setelah diujicobakan
kepada guru dan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 03:14 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 03:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8832 |