Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Sikap Inovatif Terhadap Kepuasan Kerja Guru SMA Negeri Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Haruddin, Haruddin (2014) Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Sikap Inovatif Terhadap Kepuasan Kerja Guru SMA Negeri Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_HARUDDIN_1110789_5295_2014.pdf] Text
B1_1_HARUDDIN_1110789_5295_2014.pdf

Download (596kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan kasat mata di lapangan ditemukan bahwa guru
kurang bergairah dalam melaksanakan tugasnya. Hal tersebut diduga karena
adanya factor kekurang puasan guru. Kuran gpuasnya guru di duga karena di
pengaruhi factor kecerdasan emosional nya dan sikap inovatifnya. Jika kondisi ini
di biarkan, di kawatirkan akan berpengaruh terhadap peningkatan mutu
pendidikan di Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar kontribusi
kecerdasan emosional guru dan sikap inovatif terhadap kepuasan kerja guru SMA
Negeri di Kecamatan Lengayang. Terdapat tiga hipotesis yang diajukan dalam
penelitian ini yaitu kecerdasan emosional berkontribusi terhadap kepuasan kerja
guru, sikap inovatif berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru, kecerdasan
emosional dan sikap inovatif berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru
Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian kuantitatif
korelasional den ganpopulasi guru SMA Negeri di Kecamatan Lengayang
sebanyak 88 dan sampel penelitian sebanyak 50 orang yang diambil menggunakan
teknik stratified Proportional Random Sampling den ganmem pertimbang
kangolongan dan masa kerja. Instrumen yang digunakana dalahangket yang sudah
di uji kehandalan dan kesahihannya. Data tersebut kemudian dianalisi
smenggunakan teknikkorelasi dan regresi.
Hasilan alisis menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan emosional berkontribusi
sangat signifikan terhadap kepuasan kerja guru sebesar 20,4 % (2) Sikap inovatif
berkontribusi signifikan terhadap kepuasan kerja guru sebesar 6,7% (3)
Kecerdasan emosional dan sikap inovatif secarab ersama-sama berkontribusi
terhadap kepuasan kerja guru sebesar 25,6%. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa hipotesis dapat diterima secara empiris.Hasil temuan ini dapat disimpulkan
bahwa kecerdasan emosional dan sikap inovatif merupakan dua faktor yang
berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru. Oleh karena itu diharapkan kepada
pihak-pihak terkait agar memperhati kan kedua factor tersebut agar kepuasan guru
dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 29 Apr 2025 03:12
Last Modified: 29 Apr 2025 03:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8826

Actions (login required)

View Item
View Item